6
Tarian Dansa Tali yang dimainkan oleh Pemuda Pemudi Ambon

Mollucastimes.Com - Apakah anda salah satu diantara kesekian orang yang mempunyai sahabat, pacar, kenalan, soulmate orang Ambon? Kalau anda kenal dekat sama sahabat, kenalan atau pacar yang konon orang Ambon itu, pasti karakteristik ini ada padanya. Ada beberapa hal menarik dari sifat - sifat orang Ambon yang belum diketahui banyak orang luar.

Senyum Nomor 1
hal ini yang paling dilakukan oleh orang Ambon, sekalipun tampangnya sangar - sangar tapi jangan tanyakan soal senyuman. So pasti orang Ambon kalau senyum pasti manis. kalau tidak percaya, buktikan saja sendiri.

Volume Suara Seperti Ombak Memecah Karang
nah, biasanya orang luar sering menilai orang Ambon yang identik dengan marah - marah karena aksen logat yang sering lantang (berteriak) padahal itu tidak sedikitpun mengandung amarah. Faktanya, ada Negri  yang berlokasi di pesisir pantai dan ada yang berlokasi di pegunungan. Coba tebak, lokasi desa mana yang punya gaya bicara berteriak dan pelan ?

Kalau sudah sayang, nggak bakalan lepas
itu bukan ungkapan untuk anak lebay. Orang Ambon punya idealisme yang tinggi soal menerapkan kasih dan rasa kekeluargaan sekalipun beda Negri. Rasa sayang yang sangat mendalam baik dalam keluarga, pertemanan, bahkan hubungan 'spesial'. Mungkin karena ikatan kultural Pela Gandong.

Sebelum melampiaskan amarah, pasti diberi ultimatum sebanyak 2 kali.
hal ini paling sering terjadi di hampir semua kalangan, baik orang tua terhadap anak muda dan sesama anak muda. satu kesalahan yang dibuat orang lain dianggap angin lalu, jika terulang yang kedua kalinya akan diberi ultimatum untuk jangan sampai terjadi kesalahan yang sama lagi untuk yang ketiga kalinya.. dannnn.... kalau masih tetap mengulangi kesalahan yang sama (bukan sami simor*), dijamin bisa terjadi perang dunia.

Mereka pandai menilai orang yang sombong.
jangan sampai salah bergaul dengan orang Ambon ! semakin anda berbicara 'tinggi' (istilahnya: bicara pukul tinggi=sombong) maka semakin anda dipuji dan diacungkan jempol agar anda semakin besar kepala, padahal dalam hati mereka, anda hanyalah pembual yang tidak berguna.

Anak kecil, remaja, orang dewasa bahkan oma opa semuanya bisa nyanyi
ini yang paling tidak diketahui banyak orang luar.  Rata rata anak usia balita hingga dewasa pasti bisa nyanyi. Ada yang hobi nyanyi di kamar mandi, nyanyi di kelas, nyanyi di handphone untuk didengar pacar, dan banyak dech… pastinya orang Ambon semuanya bisa nyanyi.

Orang Ambon tidak bisa melihat rekannya/ kerabatnya dalam kesusahan
istilahnya 'sampe hati'. Mereka akan merasa tidak berperi kemanusiaan jika tidak terlibat untuk membantu rekannya yang sedang kesusahan. Inilah keuntungan berteman dengan orang Ambon. Tapi ingat poin 4, mereka pandai menilai orang jadi hanya orang bodoh yang mau di suruh - suruh.

Orang Ambon tidak kalah nyali
Orang Ambon hanya takut (hormat) pada pendeta, Imam dan tokoh agama serta tokoh adat.  Tapi kalau soal nyali, nggak ada duanya. Makanya kata orang, orang Ambon kalau merantau itu kalau tidak jadi pemuka agama, jadi preman.. itu sih kata orang, kalau kamu, sependapat tidak?  Jelasnya mereka tidak kalah nyali. Kalau ada yang bilang nyali mereka 100, orang Ambon punya nyali 1000.

Humoris
sedang sedih ?. mintalah pada teman orang Ambon untuk membawakan suatu cerita mob, dijamin anda akan langsung fresh seperti baru selesai gajian. tidak ada orang Ambon yang melewatkan harinya tanpa tertawa, sebisa mungkin mereka akan tertawa sekalipun tidak ada hal lucu. hmmm koq gitu..

Jam Karet
sekalipun orang Ambon punya banyak kelebihan, tetap saja ada kekurangan dan yang paling menonjol, adalah jam karet. kalau kamu orang Ambon, masuk dalam kategori ini tidak ?


Posting KomentarBlogger

  1. nice posting admin :)
    sukses terus ya sebagai media terpercaya Maluku :)

    BalasHapus
  2. Su pas skali sudah, zn ada yg salah apalai yg terakhir.., he..he..he..

    BalasHapus
  3. bta zg stuju kalo su sayang zg bakalan lepas,, kbnyakan nyong ambon skrng play boy,, kuat main cewe./..

    BalasHapus
  4. Nyonq ambon setia tau klo ma cewe

    BalasHapus

 
Top