0
Dr. Hasbollah Toisuta dilantik oleh Menteri Agama (Foto :Kemenag RI)

Ambon, Mollucastimes.Com - Dr. Hasbollah Toisuta, M.Ag  kembali dipercayakan memimpin Perguruan Tinggi  Institut Agama Islam Negeri  Ambon periode 2016-2020. Toisuta dilantik  oleh Menteri Agama  Lukman Hakim Syaifuddin di Kantor Kementrian Agama RI, Jakarta, Kamis, (18/8/ 2016).

Hadir dalam pelantikan tersebut sejumlah pejabat eselon I dan II lingkup Kementrian Agama. 
Menteri Agama Saifuddin dalam pelantikan itu berharap, para Rektor dan Ketua Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTAIN) harus memahami dan menguasai peta jalan pengembangan PTKI, harus mengerti apa yang mesti dilakukan untuk mencapai perkembangan dan kemajuan, baik jangka menengah maupun panjang.

Dikatakannya, bangsa dan negara lain memuji Indonesia sebagai bangsa yang berpotensi besar untuk membangun masa depan umat Islam yang lebih baik. Harapan ini akan terwujud jika ditopang oleh pendidikan yang baik dan berkualitas.


"Rektor dan Ketua harus memahami dan menguasai peta jalan pengembangan PTKI, harus mengerti apa yang harus dilakukan untuk mencapai perkembangan dan kemajuan, baik jangka menengah maupun panjang," terang Syaifuddin saat memberi arahan pada pelantikan tersebut.

Dikatakanya, Kementerian Agama memiliki visi dan mimpi besar, ingin menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat peradaban Islam dunia. Sekaligus, sebagai rujukan studi Islam kelas dunia.

"Untuk itu, semua komponen, utamanya perguruan tinggi, khususnya rektor dan ketua sekolah tinggi, harus memiliki visi dan misi kuat dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat peradaban Islam. Para tokoh umat Islam berharap besar, perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri bukan sekedar menjadi pusat pendidikan dan pengajaran," ucap Syaifuddin.

Syaifuddin berharap PTAIN harus berupaya mewujudkan keunggulan akademik yang beretika dan bermoral Islami, meningkatkan kualitas SDM yang berorientasi pada kinerja, integritas dan kreativitas civitas akademika perguruan tinggi secara profesional, transparan dan akuntabel, serta memiliki responsibilitas terhadap permasalahan umat, bangsa dan kemanusiaan.

Menteri Agama melantik 3 pejabat, yakni Hasbollah Toisuta sebagai Rektor IAIN Ambon, Hamzah, sebagai Ketua STAIN Sorong dan Moh Agus Salim yang sebelumnya adalah Kakanwil Kemenag Banten, sebagai Inspektur Wilayah IV pada Itjen Kemenag. Hadir dalam pelantikan tersebut sejumlah pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenag Pusat.

Sementara itu, mantan ketua Senat IAIN Ambon Dr. Zubair ketika di konfirmasi mengatakan semua pihak mesti menghormati putusan menteri Agama RI karena semua telah dilakukan pengkajian yang mendalam.

"Sebelumnya kami telah melaksanakan seluruh prosedur yang diamanatkan statuta, jadi jika ada yang menolak sama halnya menolak aturan yang telah di tetapkan" tutur Zubair.

Dirinya menghimbau semua pihak agar dapat menerima serta mendukung program program yang nantiya dicetuskan oleh Toisuta. 

"Siapapun Rektornya adalah Rektor kita semua yang tengah beraktivitas di lingkup IAIN Ambon" tandasnya.

Senada dengan mantan Ketua Senat, Dr. Faqih Seknun, staf pengajar IAIN Ambon ketika dimintai komentar terkait terpilihnya Rektor, memberikan apresiasi kepada Rektor baru.

"Sebelumnya saya ucapkan selamat kapada Rektor baru kita, dengan pengalaman memimpin kampus hijau periode kemarin harapannya dapat mewujudkan cita cita bersama yakni peralihan status IAIN menjadi UIN" harap Seknun.

Menurutnya, Semua pihak mengharapkan pemimpin baru yang nantinya mampu mensejahterakan kampus dan mengapresiasi aspirasi  masyarakat kampus yang ada. Pola pengembangan pendidikan di IAIN Ambon harus bermutu dan berdaya saing dengan kebutuhan  pasar.  (MT-04)

Posting KomentarBlogger

 
Top