0
Ambon,MollucasTimes.Com-Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon hari ini menggelar serangkaian tes bagi sejumlah siswa dan guru di Kota Ambon untuk mengikuti program pertukaran siswa dan guru di Darwin Australia.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon, Moris Lantu, S.Pd di Balai Kota Rabu, 11/10/17.

“Pertukaran siswa dan guru ini merupakan salah satu program sister city antara Darwin-Ambon yang setiap tahun dilakukan. Dan untuk tahun 2017 ini yang mengikuti tes terdiri dari siswa berjumlah 31 orang dan guru berjumlah 11 orang,” rincinya.

Diakui Lantu, siswa dan guru ini berasal dari Kota Ambon. “Mereka semua yang mengikuti tes ini merupakan perwakilan dari setiap sekolah di Kota Ambon, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta,” jelasnya.

Sementara itu, tes yang diikuti adalah tes Bahasa Inggris yaitu tes tertulis dan wawancara.

“Yang menjadi tim penilai dalam tes ini adalah mereka yang pernah mengikuti program pertukaran siswa dan guru di Darwin. Jadi, mereka sudah mengetahui seluk beluk tentang tes ini,” jelasnya.

Waktu belajar efektif dalam program pertukaran siswa dan guru ini menurut Lantu adalah satu semester atau 6 bulan.

Dikatakan Lantu, sesuai dengan kuota yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Maluku, hanya 3 orang yang akan maju untuk mengikuti tes lanjutan tingkat provinsi.

“Jadi, tiga orang ini, 2 siswa dan 1 guru akan melanjutkan tes di Provinsi untuk mendapatkan sosok yang berkompeten mengikuti program ini,” cetusnya.

Diakui Lantu, dirinya tidak mengetahui dengan pasti berapa jumlah siswa dan guru yang lolos ke Darwin.

“Kita hanya melakukan tes sesuai dengan arahan, hasil untuk terbang ke Darwin ansi kewenangan Pemerintah Provinsi Maluku. Dan untuk lebih jelasnya, usai tes saat ini akan kita umumkan siapa saja yang bakal lanjut ke tingkat provinsi. Hal ini dilakukan guna menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan,” akunya jujur.

Hasil tes untuk siswa dengan nilai tertinggi pertama yaitu 92,5 adalah WINARDCOVA F.C MAILOA dari SMA Lentera Ambon dan nilai tertinggi kedua dengan nilai 92 adalah MUHAMAD GILLIAN SAMUEL dari SMA Negeri 1 Ambon. Sedangkan untuk guru dengan nilai tertinggi  94,3 adalah MARIA M.E.P BATJERAN, Spd, M.Pd dari SMA Xaverius Ambon. (MT-09)

Posting KomentarBlogger

 
Top