0
Ambon,MollucasTimes.Com-Dalam rangka mendukung Ambon sebagai Kota Inklusif, Pemerintah Kota Ambon akan menyediakan fasilitas pendukung bagi penyandang disabilitas.

Demikian Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy di Balai Kota Ambon Selasa 05/12/17.

“Setelah ditetapkan sebagai Kota Inklusif akan ditindaklanjuti dengan evaluasi   seluruh program dan penerapan fasilitas penunjang disabilitas,”akunya.

Menurut dia, penyiapan fasilitas pelayanan publik dimulai dari Balai Kota Ambon bagi penyandang disabilitas yang melakukan pengurusan perizinan maupun pembayaran pajak dan retribusi.

“Mulai 2017, seluruh pengurusan pelayanan publik terpusat di lantai 1 balai kota. Untuk akses telah disiapkan jalan khusus dan lift memudahkan  penyandang disabilitas untuk  mendapat pelayanan publik,” akunya.

Louhenapessy  mengatakan Pemerintah memiliki kewajiban menyediakan sarana dan prasarana serta infrastruktur.

Dikatakannya, karena itu Pemkot Ambon  berupaya menyiapkan 20%  fasilitas untuk kaum disabilitas di dalam maupun di luar lingkungan Balai Kota Ambon.

Selain itu, Pemkot Ambon menurut Louhenapessy juga akan menerapkan pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus serta penyiapan sarana dan prasarana penunjangnya.

"Pendidikan inklusif bukan hanya untuk penyandang disabilitas tetapi juga  bagi siswa berbakat istimewa, khusus, serta anak yang memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata," tandasnya.

Ditambahkannya, sarana dan prasarana kota inklusif mulai diterapkan di Ambon dengan dukungan dari Pemerintah Pusat, dan telah dilaksanakan sejak tahun 2014.

“Sekolah formal untuk seluruh tingkatan mulai diterapkan pendidikan inklusif agar penyandang disabilitas dapat menikmati pendidikan yang sama dengan siswa normal. Dengan demikian  memberikan kesempatan kepada anak-anak penyandang cacat, keterbatasan fisik dan mental untuk menikmati pendidikan di sekolah umum bersama anak normal lainnya," tutupnya. (MT-01)


Posting KomentarBlogger

 
Top