0
Ambon,MollucasTimes.Com-Dalam rangka menjadikan Kota Ambon sebagai Kota Gemar Membaca, tanggal 8 Maret 2018 akan  dilakukan pencanangan Gerakan Ambon Gemar Membaca (GAGM).

Demikian diinformasikan Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Kota Ambon, Peter Pattiasina, Jumat 02/03/18.

“GAGM ini diprakarsai oleh Pemkot Ambon dan Perpustakaan Nasional RI. Pak Wali Kota sendiri telah berkomitmen untuk menjadikan membaca sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari warga Kota Ambon. Sebab itu, GAGM ini dicanangkan sesuai dengan Peraturan Wali Kota,” Pattiasina mengakui.

Dikatakannya,  dalam Peraturan Wali Kota mensyaratkan setiap perusahaan, kantor maupun kawasan umum harus memiliki pojok baca.

“Pojok baca ini memiliki tujuan diantaranya membangkitkan minat baca warga Kota. Membaca selama ini belum menjadi kebutuhan utama sehingga perlu mendapat perhatian. Pada dasarnya membaca merupakan kewajiban, karena dengan membaca kita dapat mengetahui hal-hal yang belum diketahui. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari misalnya untuk membuat makanan, kue dan sejenisnya, perlu membaca buku resep guna mengetahui  cara pembuatannya serta berbagai kebutuhan lainnya,” paparnya.

Pattiasina mengatakan, pencanangan akan dihadiri dari berbagai pihak sekaligus melakukan penandatanagnan kesepakatan bersama perusahaan swasta, kantor pemerintah termasuk Puskesmas.

“Penandatanganan  kesepakatan dilakukan dengan mempertimbangkan kepemilikan ruang publik yang didalamnya terdapat pojok baca. Yah baik untuk sekolah, swasta serta stake holder lainnya,” imbuh Pattiasina.

Dilanjutkan, selain pencanangan akan dikukuhkan Bunda Baca Kota Ambon serta talkshow yang dipandu Najwa Shihab.

“Yang akan dikukuhkan sebagai Bunda Baca adalah Ibu Debby Louhenapessy, isteri Pak Wali Kota. Dilanjutkan dengan takshow  yang akan menghadirkan Wali Kota Ambon, Kepala Perpustakaan RI, Muhammad Syarif Bando. Talkshow akan dipandu Najwa Shihab yang merupakan Duta Baca,” jelas Pattiasina.

Menurut Pattiasina, Najwa Shihab akan membagikan juga sejumlah tips bagaimana membaca yang benar,  analisa tentang berbagai kemungkinan yang terjadi ketika orang itu membaca,  apa yang terjadi jika manusia memiliki literasi guna pengembangan pembangunan sosial ekonomi.

“Karena itu, kami menghimbau warga Kota Ambon untuk menghadiri pencanangan GAMG sehingga dapat menumbuhkembangkan minat membaca serta kedepan membantu menjadikan  Ambon sebagai Smart City,” pungkasnya. (MT-01)

Posting KomentarBlogger

 
Top