0
Ambon,MollucasTimes.Com-Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2018, Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon akan menggelar Car Free Day.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan, Ir. Lucia Izaac, Car Free Day  merupakan satu dari sejumlah kegiatan meliputi bersih sampah laut, pesisir dan lingkungan masyarakat bahkan lingkungan sekolah yang telah dilakukan sebelumnya dengan tema : Sayangi Bumi Bersihkan Dari Sampah #Bersihbisakok "Selamatkan Terumbu Karang Dari Sampah Plastik"

“Car Free Day merupakan rangkaian kegiatan yang telah dilakukan   bulan Februari lalu  bertetapan dengan HPSN yang jatuh pada setiap tanggal 21 Februari.  Car Free Day ini bertujuan  menarik perhatian, memberikan kesadaran kepada masyarakat agar menjaga kualitas udara bahkan masyarakat diajak  menggunakan kendaraan yang tidak menimbulkan polusi udara seperti sepeda,” rincinya.

Diakunya, Car Free Day  secara kebetulan dilakukan pada hari Minggu, 22 April 2018 pukul 05.00 WIT hingga 11.00 WIT mengingat aktivitas masyarakat berkurang pada hari tersebut.

“Karena itu, kita akan memfungsikan Jalan Diponegoro dan Jalan A.Y Patty,” lugas Izaac.

Ditegaskan Izaac, kegiatan ini juga akan menghasilkan produk hukum sehubungan dengan sanksi administrasi tentang pengelolaan sampah.

“Sesuai dengan isi Perda Nomor 11 tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah, akan ada sanksi bagi masyarakat serta pelaku usaha yang kedapatan tidak mentaati aturan membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan peraturan yang berlaku,” jelas Izaac.

Ditambahkannya, dalam kegiatan Car Free Day ini juga akan diisi dengan kegiatan lingkungan hidup, kesenian dan olahraga bahkan memberikan ruang bagi UKM untuk berkontribusi.

“UKM yang disertakan adalah bergerak di bidang kuliner. Mereka akan menyiapkan  berbagai kuliner sehingga melengkapi aktivitas masyarakat yang mengikuti Car Free Day,” tutupnya.  (MT-01)


Posting KomentarBlogger

 
Top