0


Ambon,MollucasTimes.Com-Dalam rangka menghadapi hari raya Idul Fitri  1549,  Bulog  Maluku menyiapkan stok beras mencukupi bahkan hingga beberapa bulan kedepan.


Demikian ketegasan yang disampaikan Kepala Perum Bulog Divre Maluku Arif Mandu, Selasa 12/06/18.

“Kami menyediakan stok beras bukan saja untuk Idul Fitri tetapi bahkan untuk 6 bulan kedepan. Dalam bulan Mei  saja persediaan besar sebanyak 7.400 ton dan kembali ditambahkan sebanyak 8.000 ton yang dibagi juga ke Kota Tual dan Ternate,” akunya.

Dikatakan, ada sejumlah  instrumen yang digunakan dalam menjaga stabilitas harga.

“Instrumen yang kita pakai yaitu   penyaluran Rastra  bagi masyarakat miskin. Hal ini tentunya mengurangi masyarakat ke pasar untuk membeli beras. Kemudian ada juga operasi pasar yang telah dilakukan dari bulan Januari hingga Mei 2018 ini sebanyak  2.700 ton . Selain itu, ada pasar murah baik yang digelar oleh Pemkot Ambon, Pemprov Maluku maupun pihak swasta lainnya. Bahkan kami melakukan Gerakan Stabilitasi Harga Pangan  (GSHP) secara mobile,” rincinya.

Oleh sebab itu, Arif Mandu menghimbau kepada masyarakat  agar tidak khawatir  dengan ketersediaan stok beras.

“Sebab stok beras aman hingga usai lebaran. Cuma kami mengingatkan agar masyarakat tidak memborong atau menimbun barang  karena akan memicu naiknya harga di pasaran. Belanja sewajarnya saja seperti hari biasa sehingga harga barang tetap stabil hingga Idul Fitri bahkan setelah Idul Fitri juga,” himbaunya.

Selain beras, menurutnya, Bulog Divre Maluku juga menyediakan gula sebanyak  500 ton, minyak goreng 17 ribu liter, tepung terigu 40 ton. (MT-01)

Posting KomentarBlogger

 
Top