0
Ambon,MollucasTimes.Com-Tahun 2018 merupakan tahun berkah bagi Negeri Hative Kecil dengan adanya anggaran tambahan dalam bentuk alokasi afirmasi dari Kemenkeu RI.
Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Masyarakat Dan Desa  (P3AMD) Kota Ambon, Ir. Rulien Purmiasa,

“Tahun 2017 lalu dalam Anggaran Dana Desa (ADD), Kementerian Keuangan mengkategorikan Hative Kecil sebagai DesaTertinggal, sehingga mendapatkan anggaran tambahan dari pemerintah pusat,” aku Purmiasa.

Diakuinya,  Pemkot Ambon tidak menyangka bahwa Negeri Hative Kecil dikategorikan sebagai Desa Tertinggal.

“Kalau mau dilihat, Hative Kecil ini tidak dapat dikategorikan sebagai DesaTertinggal mengingat semua faktor pendukung kemajuan dalam pembangunan sangat kompleks disini. Sementara  Negeri Kilang di Kecamatan Leitimur Selatan justru masuk dalam kategori Desa Berkembang.  Penilaan tersebut berbanding terbalik dengan kondisi kenyataan yang ada,” jelasnya.

Purmiasa mengatakan, ada tiga bentuk alokasi anggaran yang diperuntukan bagi desa.

“Pertama Dana Desa yang dialokasikan dalam bentuk alokasi dasar untuk setiap desa. Kemudian ada alokasi afirmasi bagi desa tertinggal serta alokasi pemula untuk desa yang dibagi  berdasarkan jumah penduduk, luas wilayah, jumlah keluarga miskin,” katanya.

Diakuinya, akibat kesalahan input data oleh Kementerian Keuangan tersebut maka Hative Kecil menyandang predikat Desa Tertinggal  dan mendapat tambahan anggaran.

“Sebab itu, Lomba Desa tahun ini akan kita koreksi kesalahan penilaian dan input data Negeri Hative Kecil ini tahun 2017 lalu. Sehingga kedepan tidak terjadi lagi kekeliruan ” lugasnya. (MT-01)

Posting KomentarBlogger

 
Top