0
Ambon,MollucasTimes.Com-Dalam upaya mengembalikan kepemimpinan Said Assagaf untuk lima tahun kedepan, sedikitnya ada 5 faktor yang mempengaruhi hal tersebut.

Demikian ditegaskan Direktur Maleo Insitute dan Media Survei & Strategi, Husain Marasabessy M.Si Sabtu 23/06/18.

“Faktor Yang pertama adalah tingkat popularitas yaitu dikenal 91,00% dan disukai 83,60%. Inilah yang merupakan kunci seseorang menang dalam Pilkada.  Kedua adalah keadaan politik, ekonomi, keamanan serta penegakan hukum dinilai sangat baik oleh masyarakat. Ketiga adalah masyarakat  merasa puas  atas kinerja dan menganggap keberhasilan Assagaf  dalam menjalankan tugasnya,” urai Marasabessy.

Dalam rumus Pilkada,  jika kepuasan dan keberhasilan incumbent diatas 50% maka berpeluang besar terpilih kembali.

“Faktor keempat adalah kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemprov Maluku dalam berbagai aspek diatas 50% sampai 80%. Kelima adalah mayoritas dukungan kepada Said Assagaf  karena figur,” rincinya.

Dengan  didasarkan pada 5 alasan tersebut, dapat dikatakan  posisi perolehan suara terbesar masih dipimpin pasangan SANTUN 34,70%. Posisi kedua HEBAT 26,30% dan BAILEO 24,90%.

“Jika tidak ada kejadian luar biasa dalam 3 hari kedepan, maka prediksi diatas sulit untuk berubah,” tandasnya.

Dikatakan,  survei yang dilakukan menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan 800 orang responden.

“800 orang responden kami berikan pertanyaan lewat wawancara dan kuesioner, apakah Bapak/Ibu menginginkan Gubernur Said Assagaf kembali memimpin periode berikutnya?. Dari perolehan hasil survey tersebut sebanyak 35,00% menginginkan  Said Assagaf kembali memimpin periode lima tahun kedepan, 34,00% tidak menginginkan kembali serta 31%yang tidak tahu dan tidak menjawab. Kelompok ini yang harus diberdayakan oleh tim sukses,” pungkasnya. (MT-01)

Posting KomentarBlogger

 
Top