0
Bukit Tinggi,Sumbar,mollucastimes.com-Dalam upaya menurunkan tingkat  kekerasan terhadap perempuan dan anak, Kementerian Pemberdayaaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) memberikan Molin dan Torlin  sebagai instrumen bantuan kepada sejumlah kabupaten kota di Indonesia, termasuk Kota Ambon.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Ambon, Ir. Rina Rulien Purmiasa,  di sela penerimaan bantuan Molin dan Torlin, di BukitTinggi , Jumat 21/12/18.

"Pemberian bantuan tersebut merupakan upaya Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian PPPA untuk mendukung program pelayanan penjangkauan korban kekerasan dengan fasilitas kendaraan melalui pengaduan masyarakat dari mediasi hingga pendampingan korban," ucap Purmiasa.

Dikatakan sekitar 70 Kabupaten Kota yang menerima bantuan Molin dan Torlin sebanyak 114 Kabupaten Kota.

"Molin adalah mobil yang diperuntukan bagi perlindungan perempuan dan anak sedangkan Torlin adalah motor.  Program ini telah dilakukan sejak tahun 2016 lalu. Diperkirakan sekitar  300 Kabupaten Kota di Indonesia yang telah menerima bantuan ini. Sementara untuk Kota Ambon dan 69 kota lain di Indonesia baru diserahkan pada hari ini (Jumat-red). Molin ini dilengkapi dengan fitur untuk proyektor & layar, kemudian laptop dan genset  yang dapat digunakan dalam kegiatan penyuluhan di lapangan serta kursi yang bisa dirubah menjadi tempat tidur bagi korban jika memang diperlukan," papar wanita manis berkacamata ini.


Dikatakan, Kota Ambon yang diwakili oleh Wakil Wali Kota Ambon menerima Molin dan Torlin langsung dari Ibu Menteri PPPA, Yohana Yembise di Bukit Tinggi, Provinsi Sumaera Barat.

"Dengan diberikannnya bantuan tersebut kepada 70 Kabupaten Kota, secara umum Kementerian PPPA  mengharapkan adanya peningkatan kualitas dan memperluas jangkauan pelayanan  korban kekerasan, mampu mempercepat pelayanan korban kekerasan perempuan dan anak, meningkatkan koordinasi dengan mitra kerja dalam memberikan layanan bagi perempuan dan anak  serta memiliki indeks komposit pemanfaatan tinggi 7,1 dengan skala 0-10," urainya. (MT-01)

Posting KomentarBlogger

 
Top