0
Ambon,mollucastimes.com-Guna meningkatkan minat baca buku masyarakat di Kota Ambon, dalam waktu dekat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon akan meluncurkan Program Ambon Manise.

Demikian ketegasan yang disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon, Ir. Petra Pattiasina, Jumat 15/02/19.

"Minat membaca buku harus ditingkatkan dan  terus dipacu terutama untuk anak-anak dan remaja. Dengan adanya Program Ambon Manise yaitu perpustakaan online  atau E-Library maka semua buku dapat di download untuk dibaca. Karena itu kita sementara menyiapkan proses launching Program dimaksud," ungkapnya.

Diakui Pattiasina, terkait hal tersebut sarana dan prasarana yang dibutuhkan juga sementara dipersiapkan terutama judul buku.

"Saat ini  jumlah judul buku  yang ada di perpustakaan kita sebanyak 5000 lebih. Jumlah inipun masih kurang sehingga perlu penambahan lagi. Sesuai dengan aturan yang berlaku untuk satu perpustakaan di Kabupaten Kota ketersediaan jumlah buku harus diatas seribu judul buku. Saat ini dengan adanya anggaran DAK maka memudahkan pengadaan buku yang masih dibutuhkan tersebut," paparnya.

Pattiasia mengatakan, untuk sementara ini  sebelum diberlakukan Program Ambon Manise, pihak Perpustakaan memberlakukan sistem Pinjam Pakai dengan Perpustakaan yang ada di Desa atau Negeri. "Jadi, buku yang ada sekarang ini kami pinjamkan juga kepada Perpustakaan yang ada di Desa atau Negeri. Dengan catatan harus dikembalikan  setelah batas waktu pinjaman berakhir, " imbuh lelaki berkumis tipis ini.

Dengan adanya Program Ambon Manise nanti, diharapkan ada peningkatan minat baca buku dari masyarakat baik anak-anak maupun orang dewasa. "Yang memudahkan program ini karena kita bisa membaca buku lewat Handphone atau Gadget,dimanapun kita berada dapat mengakses buku yang ingin kita baca. Semoga program ini benar-benar memberikan dampak positif bagi terciptanya generasi mileneal yang ungguldan profesional,"  tutupnya. (MT-01).

Posting KomentarBlogger

 
Top