0
Ambon,mollucastimes.com-Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin di Indonesia, Presiden Joko Widodo menaikkan anggaran Program Keluarga Harapan (PKH)  untuk tahun 2019 sebesar 32 trilyun rupiah.

Demikian ditegaskan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, MBA, MM di sela Penyerahan Bantuan Peindustrian Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk Kota Ambon, di Auditorium Unpatti Sabtu 09/02/19.

"Tahun ini Pemerintah Pusat menaikkan anggaran untuk PKH menjadi 32 trilyun rupiah bagi sekitar 10 juta penerima manfaat. Sementara untuk  Bantuan Pangan Non Tunia (BPNT) sebanyak 16 juta penerima manfaat," ulasnya.

Dikatakan untuk menurunkan angka kemiskinan, Pemerintah memberikan sejumlah alternatif .

"Alternatif yang diupayakan untuk menurunkan angka kemiskinan diantaranya pemberian Bantuan Sosial (Bansos). Selain itu juga memberikan Pelatihan Kewirausahaan kepada masyarakat terutama masyarakat miskin melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Hal ini mengakibatkan secara umum terjadi penurunan angka kemiskinan dibawah 10% tepatnya 9.6%," ungkap Hartarto.

Dikatakan dengan adanya pelatihan bagi masyarakat dapat menaikkan presentase turunnya angka kemiskinan. Lewat pemberian bantuan Perindustrian tersebut dirinya berharap PKH memberikan harapan bagi keluarga miskin.

"Banyak sudah testimoni dari masyarakat miskin penerima PKH, diantaranya dari segi pendidikan. Anak-anak PKH memiliki prestasi yang membanggakan. Hari ini saya menyerahkan juga bantuan kepada anak berprestasidari keluarga PKH. Bantuan ini atas kerjasama dengan Bank BRI. Semoga bantuan ini menjadi stimulan bagi anak-anak sebaya untuk berprestasi walaupun kehidupannya tidak semewah anak lainnya," harapnya.

Bantuan kepada Anak Prestasi dari Keluarga PKH diberikan dalam bentuk tabungan dari Bank BRI kepada masing-masing :

Asri Azibah Sabar  pelajar SUPM, yang berprestasi Juara 1 Nasional Karate Championship 2018
Dessy Tahapary pelajar SD N 71 Ambon berprestasi  Juara 1 Turnamen Taekwondo Indonesia Timur
Sherly Katarin Subankoly pelajar SMP N 4 Ambon yang berprestasi sejak SD yaitu :
Juara Mewarnai Tingkat SD Kota Ambon.
Juara 2 Lomba Matematika Tingkat SMP Se-Maluku.
Juara 1 Lomba Bertutur  Dialog Ambon Se-Maluku.

Sementara bantuan lain kepada sejumlah keluarga PKH diantaranya :
Maryan Tuanaya dari Kelurahan Wayame Kecamatan Teluk Ambon
Juliana Lasut dari Kelurahan Hative Besar Kecamatan  Teluk Ambon
Martha Kleurahan dari Tawiri Kecamatan Teluk Ambon.

Sedangkan untuk kategori KPM Sejahtera Mandiri diberikan kepada :
Jamian Polpoke masuk PKH 2013 lulus 2019
Welda Pattiasina masuk PKH 2015 lulus 2018
Merry Lewerissa masuk PKH 2016 lulus 2018

Menteri Hartarto juga menyempatkan diri mengunjungi stand dari sejumlah KUBE di Kota Ambon  dari Kecamatan Nusaniwe dengan pendamping Anna Luturmas. (MT-01)

Posting KomentarBlogger

 
Top