0
Ambon,mollucastimes.com-Pemerintah Kota Ambon memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Pusat sehubungan  dengan penyaluran bantuan sosial tahap pertama PKH tahun 2019 di Kota Ambon.

Hal ini disampaikan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy SH disela Penyerahan Bantuan Peindustrian Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk Kota Ambon, di Auditorium Unpatti Sabtu 09/02/19.

"Dari tahun ke tahun tren penurunan tingkat masyarakat miskin makin signifikan di Kota Ambon. Dan melalui penyerahan bantuan hari ini kepada sekitar 7.153 penerima manfaat dengan jumlah nominal sebesar 3.575.500.000. Hal ini merupakan sebuah kondisi yang baik sebab ada perhatian serius dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden Joko Widodo untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota Ambon. Pemerintah Kota Ambon sangat mengapresiasi hal ini secara positif," ungkap Lohenapessy.

Dikatakan berdasarkan data Disdukcapil Kota Ambon 2017, jumlah  penduduk Kota Ambon sebesar 400 ribu atau sekitar 25% dari total jumlah penduduk Provinsi Maluku yang  tersebar di 259,45 Km dengan kepadatan 1046 Km2 dimana masyarakat  miskin sesuai dengan catatan BPS Kota Ambon tahun 2016 sebesar 19.640  atau 4,64%  dari penduduk Kota Ambon.

"Data tersebut sangat mengimpresi Pemerintah Kota Ambon untuk terus berusaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin. Oleh karenanya maka Pemerintah Pusat harus menentukan sasaran yang tepat sehingga bantuan yang besar tersebut dapat memberikan dampak yang positif kepada masyarakat. Sasaran PKH ini bukan saja bantuan tetapi berdampak  juga pada komponen kesehatan, pendidikan bahkan sosial," jelasnya.

Dicontohkan, melaui bantuan PKH keluarga miskin, ibu hamil bahkan menyusui dapat memenuhi asupan gizi yang baik, anak usia 0-6 tahun dapat mengenyam pendidikan yang baik sementara untuk tingkat SD hingga SMA bisa menyelesaikan pendidikan  bahkan para lansia mampu berdiri sendiri lewat usaha yang digeluti.

"PKH memang merupakan program negara untuk menurunkan kemiskinan bukan saja pada angka tetapi lebih dari itu memanusiakan manusia. Saya berharap bantuan ini dapat digunakan dengan baik dan benar sehingga kehidupan masyarakat miskin dapat lebih bermartabat," pungkasnya.(MT-01)

Posting KomentarBlogger

 
Top