0
Jakarta,mollucastimes.com-Dalam upaya rehabilitasi pasca bencana, Sistem Informasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi (SIRR) berbasis WebGIS merupakan sistem yang sangat dibutuhkan  sehingga mampu memanejemen hal-hal pasca bencana bahkan Sistem ini  menghentarkan Kota Ambon mendapatkan Penghargaan  Indonesia Innovation Award dari Kementrian Riset dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) dengan kategori  inovasi Sistem Informasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi (SIRR) pasca bencana berbasis WebGis.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD kota Ambon, Ronald Lekransy ST, MT lewat rilisnya, Jumat 26/04/19.

"Sistem ini kita perlukan untuk menangani bencana, mengingat Kota Ambon merupakan salah satu kota yang rentan dengan bencana alam. Dalam sistem ini ada aplikasi yang kita ciptakan untuk mengelola rehabilitasi pasca bencana. Kita akan memperoleh data akurat daerah mana yang harus direhabilitasi sehingga tepat sasaran. Hal ini akan berimbas pada akurasi data, sumber daya manusia, perangkat serta penatalaksanaan di lapangan," akunya.

Ditambahkannya, hasil penilaian merupakan kerjasama dari tim juri diantaranya DR. Ir Ophirtus Sumule, DEA  sebagai ketua tim juri.

"Tim juri sangat apresiatif dengan inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Ambon lewat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon. Kita semua berharap agar sistem ini dapat difungsikan guna membantu BPBD dalam menanggulangi rehabilitasi serta rekonstruksi pasca bencana di Kota Ambon kedepan," jelasnya.

Untuk diketahui, Sistem Informasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi (SIRR) pasca bencana berbasis WebGis  ini telah diluncurkan Wali Kota Ambon, 5 Juli 2017 lalu sesuai dengan Inpres Nomor 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan Electronic-Government.

Penghargaan diterima langsung oleh Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, SH  didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kota Ambon, Drs. Demmy Paais M.Si ;  Kepala Dinas Komunikasi, Informatika & Persandian, Drs. Joy J Adriaansz , M.Si dan Kepala Bidang Rehabilitasi dan rekonstruksi BPBD Kota Ambon, Ronald Lekransy ST, MT. (MT-01)

Posting KomentarBlogger

 
Top