0
Jakarta,mollucastimes.com-Peningkatkan kinerja penyelenggara pemerintahan daerah dengan inovasi yang kreatif dan berkualitas terkait pelayanan publik, pemberdayaan,  peran serta masyarakat dan peningkatan daya saing daerah membawa Pemerintah Kota Ambon memperoleh dua penghargaan Sindo Weekly Government Award  (SWG) Award 2019.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika & Persandian Kota Ambon, Drs. Joy Adriaansz, M.Si lewat rilis Selasa, 30/04/19.

"Untuk Kota Ambon 2 penghargaan tersebut yaitu sebagai Kota Terbaik Toleransi dan Keberagaman, serta penghargaan khusus kepada Wali Kota Ambon sebagai Sosok Kepala Daerah Yang Berprestasi Selama 2 Periode Bekerja Nyata Serta Bijaksana Memimpin Daerah," aku Adriaansz.

Penyelenggaraan SWG Award  telah dilakukan sejak tahun 2014 lalu,dan tahun 2019 ini adalah yang ke-enam kali dilaksanakan.

"Pemberian penghargaan ini diberikan kepada Pemerintah Daerah maupun Kepala Daerah yang menorehkan prestasi lewat berbagai inovasi yang dinilai baik oleh Pemerintah Pusat maupun juga pihak swasta. Salah satu contohnya adalah penghargaan dari Sindo Weekly  Magazine ini," timpalnya.

Pemerintah Kota Ambon telah menerima 4 kali penghargaan  secara berturut-turut.

"Kota Ambon telah membuktikan diri mampu menciptakan inovasi baru yang kreatif di bawah pembinaan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, SH. Hal ini sangat menarik karena secara berturut-turut empat kali penghargaan tersebut kita terima. Cukup memberikan kebanggaan, namun harus terus memacu diri untuk lebih baik lagi kedepan," terangnya.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Sindo Weekly Magazine, Nevy Hetharia mengatakan dasar tujuan SWG Award sangat menunjang produktivitas daerah dalam mengembangkan inovasinya.

"Banyak daerah yang memiliki inovasi kreatif yang perlu mendapat tanggapan positif serta diberikan apresiasi bahkan harus  dipromosikan. Inovasi tersebut terkait juga dengan berbagai keberhasilan pembangunan yang digawangi oleh Kepala Pemerintah Daerah masing-masing," cetus Hetharia.

Ditambahkan, untuk mendapatkan data serta informasi yang akurat terkait inovasi masing-masing daerah, Tim MNC Group telah melakukan sejumlah penilaian.

"Kami bekerjasama dengan sejumlah akademisi yang berkompeten dibidangnya untuk mendapatkan informasi dan data yang

kemudian dievaluasi keakuratan ide atau inovasinya, kemudian juga kelembagaaan yang menangani inovasi  hingga ada tidaknya regulasi yang menjamin pelaksanaan inovasi  secara berkesinambungan," paparnya.

Sejak 2014 hingga 2018,  sebanyak 194 penghargaan SWG  Award  diberikan kepada para Kepala Daerah di Indonesia. Untuk tahun 2019,  31 penghargaan telah disematkan  baik kepada Gubernur, Wali Kota maupun Bupati. (MT-01)

Posting KomentarBlogger

 
Top