0
Ambon,mollucastimes.com-Dalam upaya terus memupuk kebersamaan, toleransi umat beragama, Bhabinkamtibmas Negeri Passo bekerja sama dengan Pemuda Negeri Passo menggelar kerja bakti membersihkan Masjid Nurul Islah Passo sekaligus menjaga keamanan saat pelaksanaan Sholat Ied 1440 Hijriah.

Hal ini diungkapkan Bhabinkamtibmas Negeri Passo, Bripka Arthur Margo Serhalawan SH, Kamis 06 Juni 2019.

"Kegiatan kerja bakti maupun menjaga keamanan saat Sholat Ied merupakan program setiap tahun. Bagaimana kami selaku Pemuda Negeri Passo turut berpartisipasi bersama warga muslim yang ada demi rasa toleran," ungkapnya.

Dikatakan kerja bakti dilaksanakan pada Jumat, 31 Mei 2019 lalu. "Pembersihan di areal Masjid Nurul Islah Passo dilakukan oleh sekitar 30 orang Pemuda Negeri Passo yang terdiri dari Pemuda Gereja Kristen Protestan Injili Indonesia (GKPII) yang diketuai Hein Leuwa dan Angkatan Muda GPM Ranting Bethesda Passo dibawah pimpinan Melvin Maspaitella," rincinya.

Hal yang sama juga  dilakukan pada saat Sholat Ied Rabu, 05 Juni 2019.

"Sholat Ied dimulai pukul 07.30 WIT dibanjiri oleh umat muslim yang datang dari sekitar Negeri Passo diantaranya dari Negeri Suli, Nania,Waiheru, Halong serta sejumlah anak kost yang bermukim di Passo. Kedua Pemuda Gereja tersebut siap di lokasi sejak pukul 06.00 WIT guna membantu pengamanan di bawah deraian hujan yang tidak berkompromi. Walaupun demikian, mereka tetap bersukacita membantu pengamanan. Ini merupakan bukti kuat dan nyata bahwa biarpun berbeda keyakinan tetapi semua melebur dalam satu ikatan hati yang saling mengasihi, menghormati, mengangkat toleransi sebagai penghargaan tertinggi dalam kehidupan berdampingan," paparnya.

Sebagai Pemuda harapan bangsa yang menjunjung Pancasila, sikap dan toleransi demikian perlu dijaga.

"Mengingat akibat konflik sosial beberapa tahun lalu, tetapi Masjid Nurul Islah  tetap berdiri megah. Ini menandakan bahwa kita semua  baik warga Muslim maupun Nasrani memiliki  kasih yang menyatukan sebab Pancasila adalah Rumah Bersama yang dibingkai dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," beber Serhalawan.

Dirinya berharap kondisi ini akan terus tertanam sehingga anak cucu bisa mempelajari arti toleransi, sikap menghargai, menjunjung nilai persatuan dan kesatuan dalam NKRI.

"Di tengah era globalisasi teknologi canggih sekarang ini, harus terus 'dihidupkan' sikap toleran, sehingga generasi muda tidak akan mudah tergerus dengan pola dan desain dunia modern  (hidup untuk diri sendiri-red) yang melupakan apa artinya kebersamaan serta cinta kasih dalam keperbedaan," pungkas ayah satu putri ini.

Sementara itu, Imam Masjib Nurul Islah Passo, Imam Sahidu sangat meresponi sikap Pemuda Negeri Passo yang membantu terselenggaranya kerja bakti maupun pengamanan Sholat Ied.

"Kami berterimakasih atas ketulusan hati basudara Nasrani  terkhusus Pemuda Negeri Passo yang dengan sukacita membantu mulai dari membersihkan Masjid hingga menjaga keamanan saat pelaksanaan Sholat Ied. Saya lihat mereka antusias walaupun dibawah guyuran hujan yang turun sejak dini hari tetapi semangat mereka harus diapresiasi. Dengan payung mereka siap melayani umat yang turun dari kendaraan untuk melakukan Sholat. Sekali lagi terima kasih kepada Pak Bhabin yang telah menginisiasi hal ini sehingga semua dapat berjalan dengan baik. Kiranya Allah SWT membalas semua budi baik Pemuda Negeri Passo,  Masyarakat Negeri Passo serta khususnya Bhabinkamtibmas Negeri Passo," tutupnya. (MT-01)

Posting KomentarBlogger

 
Top