21

Mollucastimes.Com- Kota Ambon dan propinsi Maluku secara menyeluruh  termasuk kawasan yang rawan akan bencana gempa tektonik. Maluku sendiri  berada di atas 3 lempeng dunia, sehingga mengakibatkan terbentuknya tatanan geologi yang rumit. 

Wilayah ini sebagian merupakan bagian dari lempeng Eurasia, yang bergerak relatif ke arah tenggara berinteraksi dengan lempeng India-Australia yang bergerak relatif ke arah utara dan lempeng Pasifik yang bergerak relatif ke barat. Zona pertemuan antar 3 lempeng tersebut membentuk palung yang mempunyai kedalaman antara (4.500-7.000)meter yang dikenal sebagai zona subduksi. Disamping itu, akibat benturan tersebut terbentuk patahan-patahan di Kepulauan Maluku, berarah barat-timur, barat laut-tenggara, utara-selatan dan barat daya-timur laut. 

Gempa bumi yang sumbernya di darat akibat sesar aktif, meskipun amplitudonya tidak terlalu besar sangat mungkin menimbulkan bencana, karena sumbernya dangkal dan dekat dengan pemukiman dan aktivitas penduduk. Pada daerah pesisir, tsunami dapat memiliki berbagai bentuk ekspresi tergantung pada ukuran dan periode gelombang, variasi kedalaman dan bentuk garis pantai, kondisi pasang-surut, dan faktor-faktor lainnya. Pada beberapa kasus tsunami dapat berupa gelombang pasang naik yang terjadi sangat cepat yang langsung membanjiri daerah pesisir rendah. Pada kasus lainnya tsunami dapat datang sebagai bore – suatu dinding vertikal air  yang bersifat turbulen dengan daya rusak tinggi. 

Secara nasional sebanyak 30 % tsunami di Indonesia terjadi di wilayah Laut Maluku dan Laut Banda. Aktivitas tektonik di kawasan Provinsi Maluku  termasuk sangat kompleks dan rumit karena terdapat subduksiganda dengan pola yang rumit. Oleh karena itu laut Maluku dan laut Banda termasuk zona rawan tsunami.Catatan sejarah menunjukkan tsunami juga paling banyak terjadi di Laut Maluku dan Laut Banda sebagai dampak dari interaksi lempengan Eurasia, Pasifik dan Indo-Australia. 

Pada tahun 1629 terjadi tsunami di sekitar laut Banda dengan ketinggian sekitar 15 meter, disusul pada tahun 1674 Tsunami dengan dengan ketinggian 80 meter, tahun 1852 dengan Tsunami hebat dengan ketinggian 8 meter kemudian tahun 1979 dengan ketinggian 10 meter. Data lain juga menunjukan bahwa pada selang tahun 1600-2000 telah terjadi 32 kali bencana tsunami di Maluku dimana 28 tsunami diakibatkan oleh gempa bumi dan 4 tsunami diakibatkan oleh meletusnya gunung api di bawah laut. 


Zona Patahan di Pulau Ambon Di Pulau Ambon sendiri terdapat 10 zona garis patahan. Tiga diantaranya berada pada daerah pemukiman padat penduduk. Jalan Pattimura Ambon naik sampai ke kawasan Batumeja masuk dalam salah satu zona patahan itu. Yang lebih rawan lagi adalah daerah Poka-Rumahtiga karena dilalui tiga garis patahan. Ketiga garis patahan itu berada di Tanjung Marthapons, di belakang Poka Rumahtiga dari Waiyame melintang garis patahan sampai ke Telaga Kodok dan patahan dari Waiyame naik ke arah Utara Pulau Ambon. Dengan kondisi seperti itu membuat kawasan ini sangat rawan. Patahan-patahan ini akan aktif kalau terjadi gempa besar. 

Terkait Gempa tektonik, Bagaimana kondisi Maluku khususnya di Kota Ambon  ?
Secara umum terdapat dua jenis pertemuan lempeng yang berada di Provinsi Maluku (Kota Ambon)  yaitu daerah tapal kuda Maluku yang mengelilingi laut banda dan sesar sorong yang memanjang melintasi pulau seram dan pulau buru yang dikarenakan pertemuan antar lempeng Eurasia dengan Lempeng Australia. Hal ini mengakibatkan daerah di Maluku tidak bisa lepas dengan potensi gempa bumi dan tsunami. Begitu juga di Ibukota Provinsi Maluku, Ambon. Terdapat beberapa sesar aktif yang berada di daratan pulau Ambon. 
Propinsi Maluku merupakan lokasi yang rentan terhadap Gempa tektonik yang berdampak pada terjadinya Tsunami. Bukan tidak mungkin gempa dahsyat dengan ketinggian 80 meter yang pernah menerjang Maluku akan terulang kembali. 
Saat itu tiba, akankah beberapa wilayah di Maluku hanya tinggal sebuah nama? Mawas diri, dan berserah kepada sang pencipta tak mesti terlepas pisahkan. (MT)    


Posting KomentarBlogger

  1. Semogah saja tidak terjadi
    Tuhan selalu jaga maluku

    BalasHapus
  2. Semoga Tuhan melindungi kita dan menjauhkan kita dr bencana😇

    BalasHapus
  3. Semoga Tuhan menjauhkan kita semua dr bencana alam. mari kita bnyak2 berdoa dn berbuat baik dengan mencintai dan merawat alam ini.

    BalasHapus
  4. Berdoalah bagi maluku semoga TUHAN menjauhkan musibah di negri maluku

    BalasHapus
  5. Ya TUHAN semoga Engkau Jauhkan Dari Bencana2 alam...

    Ampunilah Segala Dosa dosa Kami..
    Kita Memohon Ampunlah Kepada TUHAN..

    BalasHapus
  6. TUHAN, ENGKAU LAH maha adil, maha pengasih dan penyayang?? lindungilah tanah kelahiran ku ini

    BalasHapus
  7. Itu cuma prediksi saja.. .tahun2 yg diatas itu. .kisahnya tdk ada.

    BalasHapus
  8. Ya allah jaukanlah maha bencana dan sunami ya allah tolonglah hambamu dari cobaan yg engkau berikan ya allah ampunilah hambamu ya allah jaukalah cobaan ini dari segalah cobaan. Amin

    BalasHapus
  9. Semoga Tuhan menjahukan Maluku dari segalah Bencana Alam

    BalasHapus
  10. Ternyata maluku merupakan salah satu daerah rawan bencana di Indonesia, mungkin masyarakat di sana butuh bacaan di sini untuk mengetahui tanda-tanda terjadinya tsunami

    BalasHapus
  11. Data patahan kota ambon didapat dari mana??

    BalasHapus
  12. Ya Allah...smga tdk terjdi apa2 dan smga kita orang maluku di lindungi dan tdk terulang kembali...AAMIIN YA ROBB.

    BalasHapus
  13. Jangan asal tulis di blog dong, mana buktinya, jangan bkin orang orang yg tggal diambon malah tambah panik

    BalasHapus
  14. Mari kita sama sama berdoa agar di jauhkan dari segala bencana di muka bumi ini. Hanya Kepada Allah Subhanahuwataala Kita bisa memohon.

    BalasHapus
  15. Kenapa JMP dibangun..diatas lempengan itu?????perlu di pertanyakan?????

    BalasHapus
  16. Aminnn mudah2 seng terjadi app ya Allah

    BalasHapus
  17. tuhan jauhkan katong samua dari bencana

    BalasHapus
  18. Hanya pada Tuhanlah kami berlindung.
    Tuhan pasti menyertai propinsi Maluku terutama Kota Ambon...

    BalasHapus
  19. manusia pz pengetahuan tp tuhanlah yg pz kuasa .God bless all

    BalasHapus
  20. Yesus hapus. Air mata tanah maluku.. Amin..

    BalasHapus

 
Top