0

Mollucastimes.Com-  “ Tanah Papua tanah yang kaya, surga kecil jatuh ke bumi. seluas tanah sebanyak madu adalah harta harapan. Tanah papua tanah leluhur, disana aku lahir. bersama angin bersama daun, aku dibesarkan. Hitam kulit, keriting rambut aku Papua, Hitam kulit, keriting rambut aku Papua, Biar nanti langit terbelah aku Papua.“ penggalan lirik tanah Papua, yang dinyanyikan oleh musisi kondang asal Papua, Edo Kondologit merupakan lagu yang menyulut rasa simpati bagi siapapun yang mendengarnya. Terlebih, putra putri Papua.  

Indonesia, negeri yang biasa di sebut Nusantara , negeri yang terbentang di garis khatulistiwa. Negeri yang kaya akan budaya,bahasa dan beragam suku bangsa. Tiada negeri yang seperti ini di belahan dunia manapun. Namun, sepertinya kita lupa bahwa ada sebuah anugerah dan sebuah surga kecil yang di berikan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk Indonesia. Surga kecil itu jauh  di ujung timur Indonesia. Ya..Surga itu dikenal dengan nama Papua. 

Papua tanah yang kaya raya, tanah yang berlimpah ruah dengan hasil buminya, keeksotisan alamnya,dan keaneka ragaman budaya, juga bahasanya. Secara Nasional, Papua hanya dikenal dengan dua isu centralnya. Pertama konflik separatis yang terjadi jauh beratus-ratus kilometer di pedalaman papua. Dan yang kedua Mega tambang emas yang dikelola oleh PT Freeport. Kasus Freeport bahkan juga telah menyeret petinggi petinggi bangsa ini, dengan kasus “Papa minta Saham”.   
Banyak yang beropini, Papua dihuni oleh berbagai suku primitive yang masih menganut agama tradisional animisme dan dinamisme. 

Papua tidak mengerikan seperti yang dikira kebanyakan orang, tidak seprimitif yang orang bayangkan. tanah mereka yang terkenal kaya hingga tersiar ke seluruh dunia. Namun bukan tidak merupakan sebuah ancaman, tanah yang kaya itu selalu diincar “Investor  pertambangan” untuk melakukan eksplorasi dan eksploitasi berlebihan di “surga kecil” paling timur Indonesia itu. 

Bukan emas saja yang banyak di temukan di Papua, nikel,tembaga,gas,uranium,dan yang lainnya sudah sering di kuras dan dibawa keluar Indonesia melalui tambang-tambang yang didirikan pihak asing. Papua terletak diantara lautan dan samudra pasifik yang membentang, termasuk dalam wilayah agraris. Hasil lautnya tidak sedikit, berjenis-jenis ikan dan terumbu karang banyak juga di temukan di perairan Papua. Warga Papua pun tidak kekurangan protein,sebab mengkonsumsi banyak ikan laut. 
Tapi sayang,banyak juga hasil lautnya yang larj dan di selundupkan ke negeri seberang. Buah-buahan,tanaman-tanaman obat dan rempah-rempah juga berlimpah di papua. Dan masih banyak lagi kekayaan alam papua yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu. 

Papua juga terkenal sebagai tanah yang memiliki orang-orang berbakat dalam dunia olahraga, sumbangsih atlet-atlet Papua untuk olahraga Indonesia sangatlah besar. Contohnya seperti club sepakbola Persipura Iayapura yang berprestasi menjuarai liga super Indonesia sebanyak 4 kali, sebelumnya, Papua juga memiliki seniman-seniman sepakbola yang melegenda,dan banyak atlet-atlet olahraga lain yang pernah mengharumkan nama Indonesia yang berasal dari Papua. Berbicara tentang kekayaan tanah Papua memang tidak akan pernah ada habisnya. 

Bukan maksud membanggakan dan membesarkan tanah Papua,tetapi memang yang tergambarkan seperti itulah faktanya, hingga seluruh dunia pun mengakuinya. Tanah Papua kaya akan segala-galanya, kita mesti bersyukur memiliki tanah yang kaya raya di Indonesia ini, dan kita mesti tahu penyumbang terbesar pendapatan negara Indonesia ini berasal dari tanah Papua. Papua dapurnya Indonesia.  Untuk itu, Banggalah kalian yang terlahir  sebagai putra- putri Papua !! (MT)

Selengkapnya : Papua Tanah Kaya

Posting KomentarBlogger

 
Top