0

Ambon, Mollucastimes.Com- Sebanyak 380 ijin Usaha Mikro Kecil (UMK) diterbitkan Kantor Kecamatan Sirimau, Kota Ambon untuk para pelaku usaha khusus Hal ini diungkapkan Camat Sirimau Herman ST kepada wartawan,  kemarin (24/6/2016) di Balai Kota Ambon.

Dikatakan, untuk tahun 2015 terhitung sejak Januari hingga Desember 2015 sudah diterbitkan 180 ijin usaha dan sudah diserahkan langsung kepada pemiliknya. Sementara yang saat ini masih dalam proses entri data ada sekitar 200 ijin yang nantinya akan diproses dan akan diconnect langsung dengan pihak Bank BRI.

Baginya, ijin UMK adalah salah satu ijin yang dilimpahkan Pemerintah Kota Ambon kepada Kecamatan untuk dikelola, dan pihaknya merespon baik hal tersebu. Selain ijin UMK, masih banyak ijin lainnya yang dilimpahkan ke kecamatan diantaranya, ijin mendirikan kios, warung makan, kuliner, ijin menjual minyak tanah dan lainnya. 

Menurutnya, berhubung pelimpahan kewenangan ini baru, saat ini pihaknya masih menerbitkan ijin dengan berpatokan pada data yang telah dientri sambil tetap melakukan koordinasi dengan Dinas Koperasi dan Bank dengan sistem yang telah terkoneksi. 

Untuk diketahui, belum ada target waktu yang diberikan dalam proses pengurusan ijin dimaksud, tetapi pihaknya sangat wellcome bila ada pelaku usaha yang datang dalam pengurusan ijin di kantor Kecamatan.

Dirinya berharap, semua usaha kecil dan menengah yang ada di Kota Ambon dapat terdata agar semua pelaku juga memiliki ijin yang resmi dari pemerintah, dan semua sistem pelayanan administrasi terpadu di Kantor Kecamatan apat dilakukan sepenuhnya. (MT/Eda. L)

Posting KomentarBlogger

 
Top