Perang Iha (1632 -1652 )

                                                             



Mollucastimes.com –  Salam hangat untuk semua pembaca setia Mollucastimes. Com. Untuk edisi kali ini, redaksi akan mengulas tentang sejarah Perang Iha. Tapi sebelum itu, kita harus tahu dulu tentang sejarahnya mengenai letak geografis dan asal usul  Kerajaan Iha. Bagi para pembaca yang belum mendengar dan belum pernah tahu tentang sejarah Perang Iha, mari simak ,

Kerajaan Iha adalah suatu kerajaan Islam yang terletak di pulau Saparua (Maluku Tengah) di daerah Maluku. Kerajaan ini merupakan salah satu kerajaan tua  di samping kerajaan  Ternate,Tidore, Bacan , Jailolo, di daerah Maluku tengah. Kerajaan  ini  sejak  dahulu kala  terkenal sebagai  suatu  kerajaan pandai besi  artinya  kerajaan ini mempunyai  keahlian  khusus dalam  membuat  benda-benda  tajam seperti: kapak,tombak,golok, pisau dan alat senjata  lainnya yang dibuat dari besi.  Juga terkenal sebagai suatu  kerajaan  yang rakyatnya hampir sebagian  besar pandai  membuat  perhiasan (pandai emas)  Karena kemahirannya dalam membuat alat-alat perang seperti tombak;panah;perisai;parang.

Kerajaan Iha terletak di sebelah utara pulau Saparua, merupakan  daerah yang membujur panjang terdiri dari dataran dengan hutan yang subur sepanjang pesisir pantai. Dari udara kelihatannya bagaikan  sebuah perahu yang terdiri dari tanah datar di pesisir pantai dan bergunung  bila telah masuk ke dalam hutan rimba. Di sebelah tenggara  pulau Saparua terletak kerajaan Sirisori (Honimoa) membujur pula ke arah timur dengan tanah yang sangat subur dan merupakan  sebuah  perahu pula. Itulah sebabnya  pulau saparua  kalau dilihat dari udara  seperti  dua buah  perahu ( perahu kembar) yang saling berkaitan di selang-selang dengan gunung-gunung, maka rakyat  setempat menyebut pulau saparua dengan istilah  sapanolua yang artinya ‘’sampan dua” atau perahu dua.  Yang dimaksudkan ialah pulau Saparua   mempunyai dua jazirah besar di atasnya  berkuasa dua orang raja masing-masing dengan tanahnya yang sangat luas ,yaitu di sebelah tenggara Raja Honimoa (sirisori dengan kerajaannya)kedua kerajaan ini telah memeluk Islam sebelum datangnya penjajah. Sebelum datangnya portugis  dan belanda petuanan kerajaan Iha meliputi daerah yang luas di antara negeri Kulur sampai dengan berbatasan dengan perbatasan negeri Ulath di mana dahulunya berbatasan dengan kerajaan Siri sori.

Kurang lebih 90 tahun  sebelum masuknya  agama katholik  di pulau saparua yang dibawah oleh padri Mascarenhas penduduk kerajaan Iha  telah memeluk agama  Islam dalam tahun 1480.    Agama  ini disiarkan  oleh seorang Muballigh dari Aceh yang bernama TEUNGKU UMAR. Setelah Raja Iha masuk Islam , dibangungnya sebuah mesjid megah yang arsitekturnya sama dengan mesjid BAITTURRAHMAN di aceh sebagai kenangan  dan penghormatan  bagi Tengku UMAR karena jasanya.

Kegiatan penginjilan  yang dipelopori oleh padri Mascarenhas baru dimulai di kepulauan  Lease pada tahun 1570, berarti 90 tahun setelah penduduk  Iha memeluk agama Islam. Dalam  buku tembaga kerajaan Iha  dikatakan bahwa masyarakat Iha berasal  dari NUNUSAKU (pulau Seram), kemudian berpindah ke pulau saparua  dan mendirikan  kerajaan Iha di pulau Saparua. Pemindahan  orang-orang Iha  ke pulau Saparua  ini sampai sekarang masih  merupakan  sumber ceritra  rakyat Iha bila ditanya, mereka akan menyatakan  bahwa mereka berasal dari Nunusaku pulau seram. Menurut sumber lain dikatakan bahwa masyarakat Iha berasal dari kerajaan Ternate. Menurut Rumphius , mereka memiliki sifat dan tabiat yang berlainan  dengan masyarakat lain yang mendiami pulau saparua ,sehingga diduga ada kemungkinan  mereka berasal  dari ternate , sebab aspek  kehidupannya  agak berbeda  dengan masyarakat  saparua lainnya yang berasal dari pulau Seram.

Walaupun demikian  hal ini perlu diselediki secara mendalam. Dengan data-data sejarah yang ada, misalnya  nama kerajaan Iha ,adat istiadat di kerajaan  Iha sebagai kerajaan  ULILIMA,struktur pemerintahan  kerajaan Iha ,adat istiadat di kerajaan Iha . agama islam  yang dianut, secara bersama-sama dengan Ternate  memerangi  Portugis, istilah-istilah  adat seperti kata SOA,RUMATAU,HENA dan  AMAN mirip seperti apa yang terdapat  dalam struktur  pemerintahan  maupun adat = istiadat yang ada di ternate . dengan  demikian  mungkin saja orang Iha itu berasal  dari TERNATE..(Bersambung)

Posting Komentar

[facebook][blogger]

Ok

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget