0
Masohi,Mollucastimes.Com-Guna membahas dan menyepakati usulan Musrembang Kecamatan yang terakomodir dalam Renja OPD tahun 2019,  Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) melaksanakan Forum Organisasi Perangkat Daerah (FOPD) dan Musrembang Rencana Kerja Perangkat Daerah (MRKPD) Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2019.

Menurut Plt. Sekda Malteng Dr. Rakib Sahubawa, MSi  saat  membuka kegiatan tersebut, Senin 26/03/18,  bahwa pelaksanaan Forum OPD dan Musrembang RKPD merupakan langkah musyawarah antar pemangku kepentingan dan perwakilan masyarakat .

“Hal ini  dijabarkan dalam Visi dan Misi RPJMD lewat tujuan, sasaran, strategis dan arah kebijakan guna mendukung pencapaian sasaran Visi dan Misi RPJMD dan prioritas pembangunan tahun 2019,” ungkapnya.

Selain itu, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan arahan dalam peningkatan kinerja pemerintah di bidang pelayanan dan pemberdayaan masyarakat serta pemerintah daerah, menjadi pedoman dalam penyempurnaan dokumen Renja OPD, serta menjadi dasar penyusunan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas  Plafon Anggaran Sementara (PPAS) .

“Dengan dasar tersebut dapat menciptakan keselarasan dalam pelaksanaan pembangunan daerah antar wilayah,  antar sektor pembangunan dan antar tingkat pemerintahan untuk menciptakan efisiensi sumber daya dalam pembangunan daerah,” lugasnya.

Ditambahkannya,  pelaksanaan FOPD dan MRKPD Malteng tahun 2019  memiliki sasaran prioritas pembangunan meliputi peningkatan kualitas SDM dan keluarga sejahtera, peningkatan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, pembangunan infrastruktur dan prasarana kewilayahan, pembangunan dunia usaha dan pariwisata, meningkatkan keamanan, ketertiban dan penguatan nilai-nilai seni budaya orang basudara serta pemberdayaan perempuan, pemuda dan oleh raga.

“Berkaitan dengan itu, untuk mencapai sasaran dalam berbagai kebijakan program pembangunan Malteng tahun 2019 yang berkembang dan memadai maka diharapkan agar semua OPD dapat mengikuti kegiatan ini secara baik sekaligus merumuskan langkah dan kebijakan yang maksimal guna menjawab berbagai program pembangunan sesuai basic dan sasaran  guna kesejahteraan masyarakat di bumi Pamahanunusa,” jelasnya  panjang lebar. (MT-MHS)

Posting KomentarBlogger

 
Top