0
Ambon,mollucastimes.com-Dalam rangka mempererat hubungan serta  komunikasi yang lebih intensif dengan Australia, Pemerintah Kota Ambon telah menandatangani kerjasama bidang tenaga kerja dengan Global Labour Solutions (GLS) Australia.

Demikian dikatakan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy,SH  usai Pembayaran Operasional Kader Posyandu dan BKB Tri Wulan I tahun 2019, Selasa 26/03/19.

"Pemerintah Kota Ambon saat ini sedang menjajaki kerjasama dengan Australia, lewat penandatanganan MoU bersama perusahaan pencari tenaga kerja Global Labour Solutions (GLS) membuka peluang bagi anak muda Ambon untuk dipekerjaan di Australia. Karena itu,  kita akan siapkan 25 anak muda untuk Bterutama ahasa Inggris mereka. Kontrak ini kita siapkan untuk 2 tahun lamanya khususnya bagi tenaga perawat," jelas Wali Kota dua periode ini.

Ditambahkan, pelatihan Bahasa Inggris harus sesuai dengan standar Australia. "Jadi bukan asal-asalan.Karena itu saya menghimbau kepada anak muda yang akan mendaftar untuk menyiapkan diri sebaik mungkin sehingga dinyatakan mampu  bersaing di era keterbukaan ini," timpalnya.

Sementara itu Director Global Labour Solutions, Linda Reeves mengatakan pihaknya mengusulkan 50 anak muda untuk angkatan pertama ini.

"Awalnya kami memprioritaskan  25 anak muda tetapi kami meminta tambahan 25 lagi sehingga menjadi 50 orang. Dalam MoU yang telah ditandatangani tersebut Pemerintah Kota Ambon akan membiayai mereka  mengikuti pelatihan sedangkan tugas kami adalah menyalurkan mereka ke tempat yang membutuhkan tenaga kerja," ungkap Reeves  yang didampingi suaminya, Mr. Terry Reeves.

Dikatakan, pihaknya berharap kerjasama ini akan terus berlanjut hingga anak muda Kota Ambon yang dipekerjakan di Australia dapat mandiri.

"Kami terus memfasilitasi mereka, tidak hanya 50 saja tetapi setiap tahun diharapkan bertambah jumlahnya. Sebab lowongan kerja di Australia cukup banyak dan menjanjikan. Tidak hanya Nursing Home tetapi juga di bidang Pertanian maupun Perikanan. Untuk persyaratannya harus disesuaikan dengan syarat dari Australia yaitu lulus pelatihan Bahasa Inggris IL 5,5, kemudian mengikuti Third Training Certificate For  Support Worker selama dua bulan di Ambon. Selain itu memiliki kesehatan jasmani maupun rohani yang baik," paparnya.

Ditambahkan, jika dalam dua tahun hasil  kerja baik, maka kontrak dapat diperpanjang. "Kami berharap kerjasama ini terus berlanjut  sehingga kami dapat membantu Pemerintah Daerah meminimalisir jumlah pencari kerja di Kota Ambon," pungkas Reeves.(MT-01)

Posting KomentarBlogger

 
Top