0
Ambon,molucastimes.com-Pemerintah Kota Ambon mengharapkan Calon Jemaah Haji (CJH) mampu menjaga kekompakan, solidaritas diantara sesama CJH sehingga kesempatan menunaikan ibadah haji tahun ini dapat dimanfaatkan secara baik.

Demikian disampaikan Sekertaris Kota Ambon, A.G Latuheru, SH, MSi, saat melepas CJH Kota Ambon ke Tanah Suci Mekkah dalam musim haji tahun 2019 di Gedung Ashari Ambon, Selasa 09/07/19.

Latuheru mengingatkan agar CJH mampu menjaga solidaritas, kekompakan, kebersamaan sesama CJH Kota Ambon maupun dengan CJH dari daerah lain.

"Semua harus ikut satu komando yaitu ketua regu atau ketua rombongan. Sebab, perjalanan yang sangat jauh membutuhkan perhatian ekstra terutama bagi Calon Jemaah Haji yang sudah cukup umur. Saling memberi perhatian, saling menjaga, bersikap yang sopan karena membawa nama Kota Ambon di dunia Internasional. Saya yakin semua memahami dengan baik," cetusnya.

Dikatakan, setiap tahun antrian CJH sangat panjang, hal ini disebabkan karena animo masyarakat yang cukup luar biasa.

"Dengan adanya animo masyarakat yang luar biasa, Pemerintah Kota Ambon sangat mengapresiasi penyelenggaraan ibadah haji, walaupun pada hakekatnya kuota Calon Jemaah Haji ditetapkan oleh Pemerintah Pusat," imbuh Latuheru.

Lanjutnya, Ibadah Haji merupakan sebuah ibadah yang sangat istimewa di hadapan Allah SWT serta memiliki banyak keutamaan.

"Namun tidak semua umat Islam memperoleh kesempatan yang sama. Karena itu, harapan Pemerintah Kota Ambon agar para Calon Jemaah Haji yang hari ini dilepas menuju Mekkah dapat memanfaatkan peluang dan waktu  sebaik mungkin. Jadilah haji yang Mabrur, yang berguna bagi Kota, Bangsa dan Negara," beber Latuheru.

Di tempat yang sama Ketua Panitia Penyelenggara Musim Haji 2019, Z.F. Kaisupy menyatakan kuota Haji Provinsi Maluku tahun ini sebanyak  1.272 orang dan untuk Kota Ambon berjumlah 398 orang.

"Pada awalnya jumlah calon untuk Kota Ambon sebanyak 368 orang. Namun memperoleh penambahan kuota dari Pemerintah  Arab Saudi sebesar 10.000 secara Nasional maka Kota Ambon  mendapat tambahan 30 sehingga total menjadi 398 orang. Tetapi  sampai dengan batas waktu pelunasan, yang dapat menunaikan ibadah haji pada musim haji 2019  ini berjumlah 365
orang,” Jelasnya.

Dirincikan CJH   Provinsi Maluku  terbagi dalam 3  kloter  yaitu kloter 12, 13 dan 14. CJH Kota Ambon  sebanyak 365 orang tersebut berasal dari tiga kecamatan dan masuk dalam kloter ke-13.

"Kecamatan Sirimau sebanyak 251 orang, Kecamatan Nusaniwe 60 orang, Kecamatan Teluk Ambon sebanyak  25 orang. Sementara  sisanya merupakan mutasi dari luar maupun dari dalam kota. Usia tertua JCH adalah 89 tahun dan termuda 24 tahun," rincinya.

CJH  Kota Ambon  akan didampingi 5 orang petugas yang akan diberangkatkan pada 15 Juli menuju embarkasi Makassar dan pada keesokan hari tanggal  16 akan diberangkatkan ke Madinah. (MT-01).

Posting KomentarBlogger

 
Top