0
Ambon,mollucastimes.com-Pemerintah Kota Ambon memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pencapaian hasil yang diperoleh oleh para atlit asal Maluku yang berlaga di Kejuaraan Nasional (Kejurnas)/Pra PON XX Atletik di Stadion Pakansari, Cibinong-Bogor.


Hal ini diungkapkan Sekertaris Kota Ambon, A.G Latuheru, SH, M.SI, Rabu 07/09/19.

"Walaupun para atlit membawa nama Maluku, tidak ada salahnya Kota Ambon memberikan apresiasi atas apa yang telah diraih disana. Sebab mereka termasuk warga Kota Ambon. Karenanya, besok ketika mereka kembali, kita akan mengarak mereka mengelilingi Kota Ambon sebagai ungkapan sukacita dan penghargaan," papar Latuheru.

Dijelaskan, rombongan atlit akan melalui rute jalan lingkar. "Dari Bandara, mereka akan memutar jalan lingkar melewati Negeri Passo menuju pusat kota melewati Batumerah, Mardika, Belakang Soya, Tanah Tinggi, Kadewatan, Trikora dan terus ke Benteng, Air Salobar dan finis di Amahusu tepatnya di lokasi Spice Island Darwin-Ambon Yacht Race (SIDAYR) 2019. Dalam rombongan juga akan ada pelari Marathon Nasional asal Maluku, Matheos Berhitu, yang menjuarai Ultra di Malaysia," jelas ayah satu puteri ini.

Ditambahkan, walaupun diakui persiapan yang dilakukan kurang maksimal. "Namun, dengan prestasi yang diraih membuat kita semua harus berbangga karena selama hampir 20 tahun lagi baru Maluku mengikuti kejuaraan Atletik ini kembali," ucap Sekertaris Kota Ambon dua periode ini.

Dalam Kejurnas Atletik 2019, Maluku berhasil memperoleh 8 medali yakni 4 medali emas, 2 medali perak dan 2 medali perunggu.

Seperti  telah diinformasikan, prestasi membanggakan ditorehkan Alvin Tehupeiory yang memecahkan rekor Nasional pada nomor 200 meter puteri. Selain itu medali perak pada nomor 400 meter putera menambah kebaanggaan Maluku.

Medali emas diraih oleh Alvin Tehupeiory di nomor 100 dan 200 meter putri yang  pada nomor 200 meter mencatat waktu 23.76 detik sekaligus memecahkan rekor sebelumnya yang dibuat pelari asal Maluku Irene Joseph 20 tahun silam. Kala itu Joseph mencatatkan waktu terbaik 23.86 detik.

Emas lainnya ditorehkan Yanes Pelamonia di nomor lari 1500 meter serta Wempy Pelamonia pada nomor 800 meter putra. Sementara medali perak dari nomor 400 meter gawang atas nama pelari Budi Prayoga dan nomor 4X400 meter gawang yang diraih kwartet Maluku Fandry Sopacua, Elvis Telusa, Jakob Tahapary dan Budy Prayoga. Untuk 2 medali perunggu masing-masing di nomor 400 meter atas nama Elvis Telussa dan Yanes Pelamonia.

Rombongan atlit Altetik ini dipimpin oleh Chris Timisela didampingi 2 pelatih dan 11 pelari.
(MT-01)


Posting KomentarBlogger

 
Top