0

Ambon,mollucastimes.com-Dalam rangkaian Gebyar HUT ke-444 Kota Ambon serta mensukseskan Gerakan Ambon Gemar Membaca, Dinas Perpustakaan & Kearsipan Kota Ambon telah menggelar sejumlah lomba.

Lomba Bertutur Tingkat SD
Demikian dikatakan Kepala Dinas Perpustakaan & Kearsipan Kota Ambon, P. Pattiasina, S.Pd, MMP kepada mollucastimes.com, Senin 09/09/19.

"Lomba yang kita gelar ini dalam rangka memeriahkan HUT Kota Ambon sekaligus mensukseskan Gerakan Ambon Gemar Membaca yang telah dicanangkan oleh pak Wali Kota beberapa waktu lalu. Hal ini sangat penting untuk menumbuhkan serta mengembangkan minat baca anak usia sekolah di Kota Ambon," tandas Pattiasina.

Diakui, saat ini yang memegang peranan penting dalam keseharian anak adalah gadget dengan serangkaian permainan yang menyita perhatian anak.

Peserta Lomba Bertutur
"Teknologi saat ini mampu mengubah perilaku anak khususnya melalui gadget. Bagaimana tidak? games yang ada dalam gadget dapat menarik perhatian anak sehingga buku bukan lagi hal penting. Padahal, banyak ilmu dan pengetahuan yang diperoleh saat membaca. Sebab itu, perilaku gemar membaca harus ditanamkan sejak dini," papar lelaki berkumis ini.

Ditambahkan, dengan membaca hari ini akan menjadi pemimpin masa depan.

"Itu adalah slogan dari Perpustakaan Berkarya. Kita bisa menjadi siapa saja dimasa depan tergantung dari apa yang kita baca dan lakukan hari ini. Karena itu, saya katakan lomba seperti ini sangat penting dilakukan sebab selain mengalihkan perhatian anak dari gadget juga menumbuhkan kepercayaan diri untuk meraih harapan serta cita-cita di masa depan," jelas Pattiasina.

Terkait dengan hal tersebut, pihaknya menggelar lomba diantaranya Bertutur untuk siswa SD/MI; Resensi untuk siswa SMP/MTs; Pidato untuk siswa SMP/MTs serta Pamilihan Duta Baca untuk siswa SMP/MTs.

Tiap Lomba Punya Karakteristik


Menurut Pattiasina, setiap mata lomba memiliki karakteristik masig-masing.

"Bertutur bertujuan agar anak mampu mengeksplorasi bacaan yang telah dibacanya kemudian isi buku disampaikan kepada anak-anak lain dengan gaya serta ekspresi masing-masing. Dengan demikian mereka semua mendapat pengetahuan yang sama tentang bacaan dimaksud. Pidato, adalah bagaimana anak memiliki keberanian berbicara didepan umum untuk menyatakan pendapat, mengajak, mendorong serta memberikan gambaran tentang sesuatu hal. Sementara Resensi adalah bagaimana anak menilai sebuah buku yang dibacanya kemudian menjelaskan kelebihan maupun kekurangan dan informasi dari buku yang dibaca untuk kemudian disampaikan kepada orang lain. Sedangkan Duta Baca adalah upaya yang dilakukan dan dikembangkan melalui gemar membaca dengan mencontohi seorang publik figur," jelas Pattiasina  panjang lebar.

Pattiasina mengatakan antusias dari peserta sangat luar biasa.

"Jumlah peserta dari setiap mata lomba sangat bervariasi. Lomba Bertutur diikuti 85 peserta; Lomba Resensi 60 dan Pidato sebanyak 54 peserta sementara 28 peserta mengikuti Pemilihan Duta Baca. Kita mengapresiasi semua sekolah yang telah mengirimkan peserta untuk mengikuti semua mata lomba. Ini menandakan bahwa antusiasme siswa sangat tinggi untuk mewujudkan Gerakan Ambon Gemar Membaca. Keseluruhan mata lomba ini telah diselenggarakan pada tanggal 3 hingga 5 September 2019," ungkap Pattiasina.

Sementara itu, juara untuk masing-masing lomba diantaranya :

Juara Lomba Bertutur Tingkat SD
Lomba Bertutur

Juara 1 Astrid Kezia Pattinasarany dari SD Hang Tuah Ambon
Juara 2 Sesilia Sili dari SD Angkasa LANUD Pattimura
Juara 3 Villia Maria Frans dari SD Negeri 29 Ambon
Harapan 1 Muhamad Fariz Usman Kaplale dari SD Inpres 26 Ambon
Harapan 2 Alendo Christian Maitimu dari SD Xaverius A1 Ambon
Harapan 3 Emily Iflesya Prays Ratsina dari SD Inpres 27 Ambon


Lomba Pidato

Juara 1 Tetria Wahyu Dewanti dari SMP Negeri 12 Ambon
Juara 2 Marthasya Mahulette dari SMP Negeri 4 Ambon
Juara 3 Nurul Aini Papalia dari SMP Al-Wathan
Harapan 1 Hepy Bernedeta Gamgenora dari SMP Negeri 19 Ambon
Harapan 2 Apraditha Arahmi dari SMP Negeri 2 Ambon
Harapan 3 Elma Leimena dari SMP Negeri 10 Ambon

Juara Lomba Resensi Dan Pidato Tingkat SMP
Lomba Resensi

Juara 1 cassarah Matakena dari SMP Kristen Kalam Kudus Ambon
Juara 2 Getreda Maatoke dari SMP Negeri 19 Ambon
Juara 3 Cheryn Novita Wijaya dari SMP Kristen Kalam Kudus
Harapan 1 Florencia Sopacua dari SMP Negeri 19 Ambon
Harapan 2 Delian Sahulata dari SMP Kristen Kalam Kudus Ambon
Harapan 3 Laura Cantika Tan dari SMP Kristen Kalam Kudus Ambon

Sementara Duta Baca yang terpilih Abimanyu D.K Sembiring dari  SMP Kristen Kalam Kudus Ambon dan Chalvaria Agnes Tupamahu dari SMP Negeri 13 Ambon. (MT-01)

Posting KomentarBlogger

 
Top