0
Kunjungan Komnas HAM RI Perwakilan Maluku di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB)
Elpaputih,molucastimes.com-Dalam upaya penyelesaian sengketa tapal batas antara Kabupaten Seram Bagiab Barat (SBB) dan Maluku Tengah, Komnas HAM RI Perwakilan Maluku melakukan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat, Selasa 10/09/19.

Menurut Staf Pemantauan  Komnas HAM RI Perwakilan Maluku, Linda Holle, pihaknya turun lapangan untuk mengecek kondisi real yang terjadi.

"Persoalan sengketa tapal batas ini sangat penting. Karena itu, kita hadir disini untuk mengecek kondisi serta mengumpulkan data dari masyarakat terutama yang berada pada wilayah perbatasan dua kabupaten. Misalnya apa dampak yang dirasakan oleh tiga desa di wilayah perbatasan dari sisi ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, kesehatan serta sipol. Data dari masing-masing Kabupaten kita kros cek kembali. Pasalnya, data yang diperoleh akan menjadi bahan pertimbangan guna melakukan mediasi," jelas Holle.

Mediasi direncanakan dilakukan pada hari Kamis 12 September 2019 di Ambon.

"Jika ada pendapat dari masyarakat baik dari desa Sanahu maupun desa Wasia, itu juga akan disisipkan sebagai masukan untuk ditindaklajuti dalam pertemuan antara pihak Kabupaten SBB, Kabupaten Malteng, Komnas HAM, Kementerian Dalam Negeri serta Pemerintah Provinsi Maluku, yang direncanakan berlangsung di kota Ambon pada hari Kamis besok," paparnya.

Sekda Kabupaten SBB, Mansur Tuharea
Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) SBB, H. Mansur Tuharea, SH memberikan apresiasi atas kunjungan Komnas HAM tersebut.

"Ini merupakan sebuah langkah maju yang diambil oleh Komnas HAM untuk memyelesaikan masalah yang kita hadapi saat ini. Karena itu, apresiasi kita berikan kepada Komnas HAM," akunya.

Dirinya berharap, kunjungan tersebut memberikan dampak bagi kedua Kabupaten untuk menyelesaikan masalah perbatasan dengan baik tanpa merugikan satu dengan yang lain.

"Semoga pihak yang berkepentingan memberikan waktu untuk menghadiri mediasi sehingga nantinya tercetus kesepakatan mengakhiri semua pertentangan ini," harap Tuharea.

Dalam pertemuan dengan Komnas HAM, Tuharea didampingi sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkab SBB diantaranya Kadis Kesehatan, Kadis Pekerjaan Umum, Kadis Dukcapil, Kadis Pertanian, Kepala BKD dan Camat Elpaputih, serta beberapa anggota DPRD SBB. (MT-DP)

Posting KomentarBlogger

 
Top