0
Suasana Pasar Mardika Ambon (istimewa)
Ambon,mollucastimes.com-Dalam rangka membangun kembali Pasar Mardika yang direncanakan pada 2020, hal utama yang perlu dilakukan adalah mensosialisasikan kepada masyarakat.

Demikian Sekertaris Kota Ambon, A.G Latuheru, SH MSi di sela peninjauan di Pasar Mardika, Rabu 09/10/19.

"Tidak mungkin kita bangun pasar tetapi warga masyarakat khususnya pedagang di pasar Mardika tidak mengetahuinya. Walaupun pembangunan akan dilakukan tahun depan, namun sosialisasi sudah harus dilaksanakan sejak sekarang. Tujuannya agar pedagang menyiapkan diri untuk menyambut dengan sukacita pembangunan pasar Mardika ini," ungkap Latuheru.

Dikatakan, sosialisasi akan dilakukan oleh Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, SH. "Pak Wali juga telah menyetujui sosialisasi dilaksanakan di Pasar Mardika ini bukan di Kantor Wali Kota. Sehingga dengan demikian para pedagang memiliki empati yang lebih sehubungan dengan pembangunannya nanti. Rencana sosialisasi digelar pada  tanggal 18 Oktober 2019 nanti, " timpalnya.

Latuheru mengakui saat ini Pemerintah Kota Ambon masih mencari pasar lain untuk ditempati pedagang jika pasar sementara dibangun.

"Pemerintah Kota Ambon akan merelokasi para pedagang Pasar Mardika yang berjumlah 2.153 sementara pasar Mardika dibangun. Ada beberapa pasar yang ditawarkan diantaranya Pasar Passo, Pasar Pantai Wainitu, Pasar Air Kuning dan Pasar Hutumuri," rinci ayah satu puteri ini.

Menurut Sekertaris Kota dua periode ini, Pasar Mardika akan dibangun sesuai kebutuhan.

"Konsep tradisional tapi modern akan melengkapi pembangunan Pasar Mardika. Lokasi yang saat ini disebut Gedung Putih akan dibangun sedemikian rupa sehingga menjadi pasar sesuai standar. Selain itu, akan dibangun juga tempat parkir yang baik sehingga masyarakat yang berbelanja tidak memarkir kendaraan di bahu jalan lagi. Yang penting, pembangunan tersebut nantinya dapat mengakomodir pedagang yang selama ini berdagang di Pasar Mardika," jelasnya.

Ditambahkan, Pasar Mardika akan dibangun menggunakan anggaran dari Kementerian Perdagangan dan Perindustrian RI.

"Pemerintah Pusat lewat Kementerian Perdagangan dan Perindustrian telah menyetujui membantu pembagunan Pasar Mardika dengan    anggaran sebesar 160 milyar rupiah. Angka ini cukup besar, oleh karena itu dalam pembangunannya dapat sesuai dengan harapan," timpalnya.

Dalam tinjauan lapangan tersebut, Latuheru didampingi Asisten II Bagian Ekonomi & Pembangunan Setkot Ambon, Robert Silooy, SE, M.Si; Kepala Dinas Pendustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, Ir. Pieter Y. Leuwol serta para Kepala UPTD Pasar Mardika. (MT-01)

Posting KomentarBlogger

 
Top