0
Ambon,mollucastimes.com-Berbagai prestasi yang telah diraih Pemerintah Desa Poka Kecamatan Teluk Ambon tahun 2019 merupakan hasil juang serta partisipasi masyarakat dan patut mendapat apresiasi.

Diakui Penjabat Desa Poka, Erick Van Room, S.Pi kepada mollucastimes.com, Kamis 19/12/19. 

"Saya bersyukur bahwa masyarakat Desa Poka sangat apresiastif, kreatif serta mau mengembangkan diri. Hal ini terlihat dari sejumlah prestasi yang memang melibatkan masyarakat didalamnya. Saya merasa bangga berada di tengah mereka yang mengerti serta mau menghargai apapun yang dilakukan terutama yang bersentuhan dengan kehidupan dasar mereka," jelas Van Room.

Dikatakan prestasi yang diperoleh Desa Poka diperoleh sejak tahun 2018.

"Untuk lomba Lorong dan Gang tingkat Kota yang diselenggarakan pada 2018, kita mendapat juara ke-2. Untuk bidang pendidikan anak usia dini, Desa Poka mendapat juara ke-2 dalam lomba PAUD Tingkat Kecamatan.

Selanjutnya, lomba Masak Serba Ikan tingkat Kota tahun 2018 mendapat juara ke-3. "Yang pasti,  lomba ini melibatkan para ibu yang tergabung dalam TP PKK Desa Poka," timpalnya.

Bahkan Desa Poka tahun 2018 sesuai dengan Indeks Desa Membagun (IDM) sebagai desa Berkembang  mampu memetamorfosis menjadi Desa Maju pada 2019.

Tahun 2019, Desa Poka memulai dengan lomba Kebersihan Lorong dan Gang  tingkat Kota Ambon masuk sebagai juara ke-3.

"Ini merupakan partisipasi masyarakat yang  melihat kebersihan  dari kacamata mereka dengan menyadari bahwa walaupun lorong bukan berada di jalan raya tetapi harus diperhatikan kebersihanya. Sementara lomba Masak Serba Ikan tingkat Kota Ambon mendapat peringkat ke-3," aku ayah dua putri ini.

Prestasi terus berlanjut dengan mengantongi juara ke-3 lomba Tanaman TOGA untuk tingkat Kecamatan Teluk Ambon. Selain itu PKK juga mengunjukkan diri sebagai juara ke-2 dalam lomba PKK tingkat Kecamatan Teluk Ambon.

Selain itu kegiatan pemberdayaan lain seperti masuknya air bersih sangat menjadi kerinduan warga, pembuatan jalan setapak, bedah rumah, pembangunan drainase, pemasangan lampu jalan serta kegiatan pemberdayaan kepada warga yang kurang mampu.

Bentuk partisipasi lain juga ditunjukkan oleh Desa Poka dengan mengikuti Amboina Music Carnaval.

"Tag line kita saat itu adalah Musik Mempersatukan Perbedaan. Kita telah menggalar lomba Seni dan Kreativitas dalam rangka memperingati HUT ke-444 Kota Ambon. Itu merupakan ajang mengembangkan potensi yag dimiliki oleh warga, tidak melihat latar belakang etnis, agama serta kepercayaan, semua berpacu secara sportif untuk suatu kebersamaan hidup orang basudara," ungkap lelaki tampan ini.

Dipenghujung tahun 2018 ini, Van Room tak lupa memberikan ucapan terimakasih kepada  warga masyarakat Desa Poka.

 "Sudah selayaknya sebagai Pemimpin di Desa, saya menghaturkan terimakasih yang dalam kepada masyarakat atas kerjasama, partisipasi, sukacita, prestasi yang telah diraih secara bersama. Tanpa masyarakat, kita sebagai pemerintah tidak dapat melakukan pembangunan untuk mensejahterakan mereka. Saya berharap kebersamaan tetap terjalin sehingga seluruh visi misi global Pemerintah Kota Ambon dapat terealisasi dengan baik di Desa Poka," harapnya. (MT-01)

Posting KomentarBlogger

 
Top