0
Jakarta,mollucastimes.com-Setelah menyelesaikan tahapan presentasi proposal tentang Ambon sebagai Kota Musik di hadapan para juri, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, SH ditetapkan sebagai penerima penghargaan Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) 2020, di Kantor PWI Pusat, Jakarta, Kamis 09/01/20

"Musik di Kota Ambon kini bukan lagi sebagai hoby semata namun telah menjadi kreativitas yang menghasilkan. Ini merupakan salah satu potensi ekonomi kreatif yang sementara dikembangkan bahkan tentu saja mendukung Kota Ambon yang telah mendapat pengakuan dari Unesco sebagai Kota Musik. Saya yakin ada banyak dan bermacam cara untuk membangun kota masing-masing, Ambon telah memilih untuk membangun lewat geliat musikalitas," jelasnya padat mengawali presentasinya.

Ditegaskan ayah lima anak ini, musik telah diarahkan menjadi potensi ekonomi kreatif yang bertujuan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.

"Kenapa demikian, sebab 90% masyarakat  baik pelaku maupun penikmat musik memberikan kontribusi yang luar biasa sehingga benar-benar diusahakan untuk menciptakan peluang kesejahteraan bagi masyarakat," lugas lelaki berkumis ini.

Louhenapessy saat presentasi proposal Ambon Kota Musik
Dikatakan, musik di Kota Ambon telah menjadi salah satu bagian dari 17 program tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals).

"Selain sebagai indikator penciptaan ekonomi kreatif yang sejalan dengan SDGs, musik telah menjadi pemersatu pasca konflik sosial yang melanda tahun 1999," imbuhnya.

Salah satu anggota juri, Ninok  Leksono sempat bertanya perkembangan pemusik di Kota Ambon, dengan lugas Louhenapessy menceritakan pengalamannya ketika mengikuti kegiatan di Jambi beberapa waktu lalu.

"Saya merasa surprise ketika mendengar anak-anak muda disana menyanyikan lagu-lagu Ambon. Setelah ditanyakan ternyata mereka mendengar lagu Ambon dari website. Ini mengartikan para pemusik di Kota Ambon telah dikenal melalui jaringan internet," jawabnya dengan sangat cerdas.

Dengan pemaparan proposal tersebut, Louhenapessy resmi ditetapkan sebagai penerima penghargaan  Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tahun 2020. Anugerah berupa Trophy dan Piagam ini akan diberikan pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan  pada 7-9 Februari 2020.

Saat melakukan presentasi, Wali Kota Ambon dua periode ini didampingi Direktur Ambon Music Office (AMO), Ir. Ronny Loppies; Penasehat AMO, Maris Hetharia; Ketua PWI Maluku, Izaac M. Tulalessy; Kabid Perencanaan SDM Bappeda Litbang, Jermias O. Aponno; Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Infokom dan Persandian, W. G Pelupessy; Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Esaf Mailoy serta dua jurnalis, Marthin Langoday dan Ghea Sinay. (MT-01)

Posting KomentarBlogger

 
Top