0
Menteri Pendidikan Belanda, Arie Slob (dok.wikimedia com)
Nederland,mollucastimes.com-Pemerintah Belanda per 15 Maret 2020 telah memutuskan untuk menutup semua pelayanan publik dikarenakan Corona Virus. Demikian dikutip dari NOS.nl.

Dikatakan semua sekolah, pusat pengasuhan anak, kafe, restoran, dan klub olahraga di Belanda harus ditutup. Penutupan tersebut berlangsung hingga 6 April 2020 mendatang. Hal tersebut diumumkan Menteri Pendidikan, Arie Slob dan Menteri Kesehatan Masyarakat, Bruno Bruins.

Menteri Kesehatan Masyarakat Belanda, Bruno Bruins (nursing)
"Semua gerai makanan dan minuman tutup pukul 6 sore ini (kemarin-red) dan akan tetap demikian selama tiga minggu ke depan. Ini juga berlaku untuk pusat kebugaran, sauna, klub seks dan kedai kopi," ungkap mereka.

Sementara untuk tempat penitipan anak tetap terbuka karena mengingat orang tua yang memiliki profesi penting. Anak-anak sekolah belajar di rumah masing-masing sedangkan untuk siswa yang akan mengikuti ujian akhir akan diberikan prioritas.

Keputusan Pemerintah Belanda tersebut ditanggapi secara positif. Sebab ketidakpastian selama beberapa hari ini telah mendapat titik terang. Para kepala sekolah juga akan membiarkan siswa belajar di rumah.

jalan di Belanda sangat sepi (dok. Like Takarbessy)
Sementara itu, Menteri Bruins meminta semua orang Belanda untuk menjaga jarak sejauh 1,5 meter jika memungkinkan, misalnya saat berbelanja. Dia juga mendesak semua orang untuk tidak menimbun barang, karena supermarket bisa mendapat masalah.

Selain pendidikan dan pelayanan publik lainnya ditutup, pengadilan juga ikut ditutup untuk kasus baru sedangkan kasus mendesak tetap ditangani seperti penangkapan awal terhadap tersangka, kebangkrutan dan penempatan di luar rumah.

Angkutan umum memang berjalan, tetapi semua perusahaan angkutan sedang mempersiapkan perubahan jadwal, karena jumlah wisatawan jauh lebih sedikit. Dokter gigi mnegobati pada keadaan darurat hanya untuk tiga minggu ke depan.

Di lain sisi, Menteri Bruins mengemukakan langkah untuk membantu para wirausahawan yang kehilangan pendapatan yaitu dengan memberikan kredit tambahan mulai hari ini.

Situasi restoran yang ramai kini sepi (dok.jan jansyn)
Diberitakan Nos.nl, Koninklijke Horeca Nederland ingin Pemerintah Belanda membantu perusahaan katering yang harus ditutup sebesar 5,1 miliar euro dengan perincian skema kerja jangka pendek yang "cepat dan dapat diakses" kemudian mengamankan penghasilan pengusaha dengan menunda penilaian pajak penghasilan sementara.

Dari laporan the Dutch National Institute for Public Health and the Environment (RIVM), sejak 14 Maret 2010 telah ada 8 orang yang meninggal dunia akibat Corona Virus sehingga total yang meninggal berjumlah 20 orang. Yang dinyatakan terinfeksi positif sebanyak 176 orang, sehingga total yang terinfeksi di Belanda menjadi 1.135. Jumlah tersebut mungkin bisa bertambah, karena RIVM tidak lagi melakukan pengujian untuk semua orang. Bahkan GGD memperkirakan bahwa mungkin ada sekitar 6.000 yang terinfeksi dengan Corona Virus

Corona Virus di Seluruh Eropa

Pandemi Corona kini di Eropa (dok.detiknews)
Pemerintah Jerman akan menutup perbatasannya dengan Prancis, Swiss, Austria, Luksemburg dan Denmark mulai pukul 08:00 pada Senin pagi. Sementara perbatasan tetap terbuka untuk pengangkutan.

Kanselir Kurz dari Austria meminta semua orang tinggal di rumah dan hanya melakukan kontak dengan teman sekamarnya. Bahkan untuk berbelanja, ke apotik atau untuk merawat orang lain harud dilakukan sendiri.

Italia adalah pandemi Corona Virus terbesar saat ini, lebih dari 3.600 orang terinfeksi dan hampir 25.000 terdapat kasus infeksi dan lebih dari 1.800 orang meninggal karena dampak Corona Virus. (NOS.nl/MT-01)

Posting KomentarBlogger

 
Top