0
Plh. Kepala BPKAD Kota Ambon,
Apries B. Gaspersz, S.STP, M.Si
Ambon,MollucasTimes.com-Dalam rangka membantu penanganan Covid-19, Pemerintah Kota Ambon telah mencairkan Anggaran Kelurahan tahun 2020.

Hal ini disampaikan Plh Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Ambon, Apries B. Gaspersz, S.STP, M.Si kepada MollucasTimes.com, Selasa 12/05/2020.

"Anggaran Kelurahan yang disalurkan memang sebetulnya dari pusat, namun hingga kini belum disaluran dari pusat ke rekening daerah maka Pemerintah Kota Ambon mengambil kebijakan menggunakan APBD Kota Ambon untuk membantu anggaran penanganan Covid-19 di Kelurahan. Sebab pandemi Covid-19 telah membuat Kementerian Kesehatan RI menyatakan bahwa Kota Ambon masuk dalam zona merah. Ini masalah serius sehingga tidak bisa menunggu Pemerintah Pusat untuk mentransferkan anggaran tersebut," akunya.

Gaspersz mengatakan, setiap Kelurahan memperoleh anggaran yang berbeda sesuai dengan luas wilayah dan kebutuhan.

"Secara otomatis tiap Kelurahan mendapat anggaran yang tidak sama karena disesuaikan dengan luas wilayah serta kebutuhan yang paling dibutuhkan dalam penanganan Covid-19. Anggaran yang dikucurkan tersebut per Kelurahan lebih dari 100 juta rupiah dan sudah dicairkan," jelasnya.

Menurutnya, anggaran yang telah dicairkan sebagian besar untuk program pemberdayaan masyarakat di Kelurahan yang telah ditangguhkan.

"Sehingga Dana Kelurahan digunakan untuk penanganan bidang pencegahan penanganan covid sebab itu,  program-program pembangunan dan pemberdayaan untuk sementara ditangguhkan," pungkas Gaspersz. (MT-01)

Posting KomentarBlogger

 
Top