0
Plt. Kakanwil Agama Promal, Jamaludin Bugis
Ambon,MollucasTimes.com-Dalam rangka pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah tahun 2020, Kementerian Agama Provinsi Maluku akan melakukan sosialisasi di 74 Masjid hari ini sehubungan dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan surat edaran Menteri Agama.

Demikian Plt Kakanwil  Kementerian Agama Provinsi Maluku, Jamaludin Bugis, Selasa 19/05/2020.

"Sesuai dengan jadwal, maka hari ini kita akan melakukan sosialisasi terkait Fatwa MUI Nomor 28 dan surat edaran Menteri Agama Nomor 6 untuk pelaksanaan Shalat Ied," akunya.

Dikatakan, Keputusan ini  merujuk pada surat edaran Menteri Agama Nomor 6 dan Fatwa MUI Nomor 28 yang mana didalamnya menyebutkan ada 2 (dua) kategori wilayah yaitu zona hijau atau wilayah bebas Covid-19 dan zona merah atau wilayah yang telah terkontaminasi Covid-19.

foto ilustrasi Shalat Ied
"Bagi zona hijau, pelaksanaan Shalat Ied serta malam takbiran dilakukan seperti biasa sedangkan zona merah pelaksanaan Shalat Ied, malam takbiran serta Shalat Jumat dilakukan di kediaman masing-masing," jelasnya.

Menurutnya, jika hingga 1 Syawal kota Ambon masih berstatus zona merah dan terus menunjukkan kenaikan, maka Sholat Ied tetap dilaksanakan di rumah masing-masing.

Secara umum, lanjutnya, Kota Ambon masuk dalam zona merah. "Sehingga pelaksanaan Shalat Ied dan malam takbiran akan dilakukan melalui pengeras suara (Toa), semua harus memahami hal ini. Sebab, mengantisipasi Covid-19 berkembang, kita harus arif dengan menghindari kegiatan kerumunan atau mengumpulkan banyak orang," akunya.

Selain itu, pandemi Covid-19 saat ini sedang mencapai puncaknya. "Sebab itu, Fatwa MUI harus menjadi rujukan bagi umat Muslim dalam melaksanakan Shalat Ied mengingat pandemi Covid-19 kian melonjak drastis maka untuk wilayah Kota Ambon pelaksanaan Sholat Ied serta malam takbiran ditiadakan," tegasnya. (MT-01)




Posting KomentarBlogger

 
Top