0
Jubir Gustu Covid-19 Kota Ambon, Drs. Joy Adriaansz, M.Si 
Ambon,MollucasTimes.com-Hingga saat ini Random Rapid Test (RRT) terhadap rekam jejak pasien 18,19 dan 21 versi Kota Ambon pada dua lokasi selama dua hari (Sabtu dan Senin) telah dilakukan kepada 414 orang yang berkontak  dengan para pasien tersebut.

Demikian ketegasan Juru Bicara Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon, Drs. Joy Adriaansz, M.Si kepada MollucasTimes.com, Selasa 12/05/2020.

"Kita telah melakukan hal tersebut untuk dua lokasi yaitu Terminal Mardika dan Puskesmas Rijali dan 414 orang sudah kita lakukan Rapid Test. Mereka ini adalah orang-orang yang di-rapid berdasarkan Tracking dan Tracing oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 oleh Tim Dinas Kesehatan Kota Ambon," jelas ayah tiga anak ini.

Dijelaskan, tim akan terus melakukan Rapid terhadap masyarakat yang pernah berkontak atau merasa pernah melakukan kontak secara langsung maupun tidak langsung dengan pasien-pasien yang sudah terkonfirmasi positif.

"Random Rapid Tast ini akan terus dilakukan sampai selesai dan tuntas, membutuhkan waktu yang tidak pendek.  Harus dipahami bahwa kawasan pasar adalah kawasan yang tiap hari selalu ramai, walaupun demikian kami tetap akan terus berusaha karena ini merupakan tugas serta tanggungjawab kemanusiaan," papar Adriaansz.

Melalui media,  Adriaansz meminta kepada warga masyarakat yang pernah berkontak dengan para pasien untuk melaporkan diri.

"Bagi yang merasa pernah melakukan kontak  atau bahkan pernah berada di sekitar lokasi pasien yang belum didata untuk di-rapid, mohon bantuannya untuk mendata diri. Karena ini harus dilakukan. Yang paling penting untuk diketahui Covid-19 bukan suatu aib yang harus ditutupi atau malu untuk memeriksakan diri. Covid-19, kita tidak pernah tahu siapa yan telah tertular atau yang belum. Jadi, alangkah baiknya jika melaporkan diri ke Gustu untuk di-rapid. Jangan takut atau khawatir sebab akan ada tindakan lanjutan yang dilakukan sehingga dapat menekan penyebaran Covid-19 lebih meluas. Bahkan memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19," jelasnya.

Dirinya tak lupa mengingatkan agar masyarakat terus patuh atas anjuran pemerintah.

"Tinggal di rumah jika tidak ada hal penting, pakai masker jika bepergian, makan makanan sehat, seringlah mencuci tangan, jaga kebersihan tubuh, keluarga dan lingkungan. Teruslah kita berdoa bersama agar pandemi ini segera berlalu," timpalnya. (MT-01)













Posting KomentarBlogger

 
Top