0
Ambon,MollucasTimes.com-Guna menyiapkan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan dilaksanakan di Kota Ambon setelah mendapat persetujuan dari pusat, maka hal penting adalah semua harus berada dalam satu persepsi yang sama.

Demikian Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, SH di Aula Korem Binaiya, Rabu 13/05/05/2020.

"Penyatan persepsi ini melingkupi seluruh unsur baik itu internal Gugus Tugas (Gustu) maupun keterbatan masyarakat secara umum. PSBB adalah langkah sistematis bagaiamana mengatur dan menyiapkan masyarakat  untuk  disiplin dalam mencegah penyebaran Covid-19," papar Louhenapessy.

Dikatakan, kondisi pandemi Covid-19 yang dialami oleh Maluku secara keseluruhan bahkan Kota Ambon meyakinkan pemerintah daerah melakukan PSBB.

"Pemerintah sangat prihatin dengan situasi dan kondisi yang kita alami secara bersama ini. Oleh sebab itu, Gugus Tugas Provinsi mengarahkan agar Gugus Tugas Kota Ambon segera mengambil langkah untuk melakukan PSBB. Ada banyak masukan dan saran bahkan penguatan dari Kapolda maupun Pangdam selaku perwakilan dari Gugus tugas Provinsi kepada Gugus Tugas Kota dalam melaksanakan PSBB," ungkap ayah lima anak ini.

Dijelaskan, untuk bagian Kota sudah mendekati penyelesaian. "Yah sudah masuk tahap finalisasi. Karena itu, rapat yang kita lakukan adalah untuk memantapkan hal teknis saja. Sehingga dalam waktu dekat ini, usulan dapat disampaikan oleh Pemerintah Provinsi Maluku kepada Kementerian Kesehatan RI untuk dilakukan verfikasi," timpalnya.

Ditambahkan, PSBB dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19. "Beberapa daerah yang melakukan PSBB tenyata mampu menekan penyebaran Covid-19. Sehingga kita perlu mengikutinya. Sebagai Ibukota Provinsi Maluku, Kota Ambon memiliki keterbatasan  sehingga harus melibatkan serta bekerjasama degan Pemerintah Provinsi terutama dala mengantisipasi kemungkinan terburuk sekalipun," papar Wali Kota dua periode ini.

TNI/Polri Dukung Pelaksanaan PSBB

Dalam pada itu, Panglima Kodam (Pangdam) XVI Pattimura, Mayjen Marga Taufiq mengatakan TNI mendukung pelaksanaan PSBB di wilayah Kota Ambon.

"Kita sama-sama berada dalam Gugus Tugas. Dan tugas utama Gugus Tugas adalah membantu percepatan penanganan pandemi Covid-19. Intinya kita siap untuk itu, dan kita mendukung Pemerintah," ujar Taufiq.

Sementara itu, Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharudin Djafar dalam kesempatan tersebut menyatakan, apapun statusnya, Kepolisian tetap mendukung segala keputusan yang diambil oleh Pemerintah, dalam hal ini Pemerintah Kota Ambon.

"Intinya, apapun keputusan yang diambil Pemerintah dalam upaya untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 di masyarakat, kita dukung. Karena apabila Kota berhasil, Maluku berhasil. Kita satukan barisan mendukung Kota Ambon," tegas Djafar. (MT-01)

Posting KomentarBlogger

 
Top