0
Ambon,MollucasTimes.com-Segala sesuatu yang dilakukan dengan kesabaran demi kepentingan banyak orang mampu mengubah keadaan, khususnya saat pendemi dimana saat ini status Kota Ambon telah berubah dari zona merah menjadi zona orange.

Menurut Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, SH, hal tersebut baru diinformasikan kepada dirinya.

"Perubahan dari merah ke orange merupakan penurunan status, artinya dari status resiko tinggi terdampak Covid menjadi resiko sedang. Hal ini merupakan suatu kemajuan dalam penanganan Covid-19 di Kota Ambon. Informasi ini baru disampaikan kepada saya," tegasnya, Selasa 07/07/2020.

Diakuinya, penurunan atau perubahan zona ini tidak terlepas dari dampak pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) lewat Peraturan Wali Kota Ambon Nomor 16 tahun 2020 yang kemudian dilanjutkan dengan Peraturan Wali Kota Ambon Nomor 18 tahun 2020 tentang
Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid 1.

"Hal tersebut menunjukkan bahwa upaya kita untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Ambon melalui PKM maupun PSBB membuahkan hasil. Ini adalah sebuah kolaborasi yang sangat baik antara Pemerintah dan masyarakat. Bagaimana masyarakat mengikuti anjuran Pemerintah saat pandemi. Saya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pencapaian yang dilakukan secara koorporat ini," tandas ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon.

Dijelaskan, setiap kebijakan maupun keputusan yang diambil, secara proporsional tidak langsung diterima dan diaplikasikan oleh seluruh pihak.

"Namun, untuk masyarakat Kota Ambon saya memiliki kebanggaan tersendiri, mengapa? karena masyarakat mulai menyadari bahkan peduli dengan anjuran Pemerintah. Yah walaupun memang masih ada kelemahan serta kekurangan dalam prosesnya," akunya.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan RI telah menetapkan Kota Ambon merupakan salah satu dari 17 Kota/ Kabupaten di Indonesia yang telah berubah status dari zona merah ke orange.

"Dengan adanya penetapan dari Kementerian Kesehatan tersebut, harus membuat kita semakin meningkatkan kewaspadaan sehingga kita tidak kembali lagi ke zona merah. Bahkan harus menurunka ke zona kuning. Ini kerja berat kita semua, teruslah berkoorpora sehingga Kota Ambon dapat mengatasi pandemi ini," pungkas dedengkot Partai berlambang Pohon Beringin ini. (MT-01).


Posting KomentarBlogger

 
Top