0


Ambon,MollucasTimes.com-
Pemerintah Kota Ambon akan melakukan sosialisasi terkait informasi pemberian vaksin Covid-19 di Kota Ambon.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, SH kepada MollucasTimes.com, Rabu 06/01/2021.

"Kita akan melakukan koordinasi bersama komponen yang memang terkait dengan pelayanan publik dimana didalamnya termasuk tokoh agama. Kita pasti mengundang mereka untuk mendengar informasi awal serta bagaimana persiapan diri untuk dilakukan vaksinasi," ungkap ayah lima anak ini. 

Dikatakan sesuai dengan rencana, vaksinasi akan dilakukan pada tanggal 13-15 Januari 2021 secara nasional. 

"Karena ini secara serempak atau secara nasional, maka yang akan mendapatkan vaksinasi pertama adalah Presiden kita, Bapak Joko Widodo pada 13 Januari 2021. Ini juga atas kesediaan beliau sebagai warga negara," tandas Louhenapessy.

Usai Presiden divaksin, giliran berikut adalah tenaga kesehatan.

"Kita telah menyiapkan 3.762 Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kota Ambon sebagai prioritas untuk menerima vaksin Covid-19 pada tanggal 14-15 Januari 2021. Sementara survei untuk tempat vaksinasi. Selain itu, kita juga telah menyiapkan tim dokter dalam upaya mengantisipasi segala kemungkinan. Walaupun demikian saya sebagai Wali Kota sangat optimis bahwa proses vaksinasi yang akan dilakukan berjalan dengan baik di Kota Ambon," jelas orang nomor satu di Kota Ambon ini.

Mekanisme Vaksinasi

Dikatakan Louhenapessy, mekanisme vaksinasi akan dilakukan dalam 4 tahap.

"Tahap pertama dan kedua akan dilakukan antara tanggal 14 Januari-April 2021 mendatang. Sementara untuk tahap tiga dan empat akan dimulai pada April 2021 hingga Maret 2022 mendatang. Untuk tahap pertama akan diperuntukan kepada tenaga kesehatan dengan batas usia 18-59 tahun. Sedangkan tahap kedua mulai dilakukan pada 22 Januari hingga April 2021 untuk masyarakat lain yang berkaitan dengan sektor pelayanan publik diantaranya pegawai Perbankan, PLN, Telkom dan TNI/Polri," rincinya.

Louhenapessy berharap masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dalam aktivitas setiap hari. 

"Tetaplah mencuci tanggan dengan sabun dan air mengalir, menggunakan masker jika keluar rumah, menjaga jarak satu dengan yang lain. Hal ini harus terus dilakukan dalam upaya kita bersama memotong mata rantai Covid-19 ini," pungkasnya. (MT-01)


Posting KomentarBlogger

 
Top